Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hari Ini, STKIP Bima Mewisuda 577 Sarjana

14 Februari 2013 | Kamis, Februari 14, 2013 WIB Last Updated 2013-02-13T22:07:01Z

Kota Bima, (SM).- Hari ini, Kamis (14/2) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima kembali mencetak sarjana dari lima program studi (Prodi) yang ada di sekolah tinggi setempat. Upacara wisuda tersebut dilangsungkan di Auditorium STKIP Bima.

Ketua Panitia Wisuda STKIP Bima, Drs. Zainuddin Muhsin mengatakan, rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke XXIII itu, merupakan awal dari lahirnya generasi pendidik di STKIP Bima dibawah kendali Drs. Mustamin, M.Sc. Moment tersebut, memiliki nilai keistimewaan tersendiri, terlebih pada sarjana yang baru saja menyelesaikan studinya. “Sebagaimana telah dijadwalkan, kami akan berusaha untuk mewisuda mahasiswa dua kali dalam setahun,” kata Zainuddin.
Dijelaskannya, sebanyak 577 sarjana yang dilahirkan STKIP Bima dari jurusan Ilmu Pendidikan MIPA dan IPS tersebut yakni, Prodi Bimbingan Konseling (BK) sebanyak 132 sarjana, Prodi Biologi sebanyak 143 sarjana, Prodi Matematika 82 sarjana, Prodi Ekonomi sebanyak 64 orang dan prodi Sosiologi sebanyak 156 sarjana. “Orator ilmiah pada upacara wisudawan kali ini, kami hadirkan Koordinator Kopertis Wilayah VIII,” jelasnya.
Ketua STKIP Bima, Drs. Mustamin, M.Sc mengatakan, sejak dilantik beberapa bulan lalu, pihaknya memulai pembangunan dari peningkatan SDM dan menciptakan suasana kerja akademik yang nyaman. Dari pola yang diterapkan tersebut, terpetik hasil bahwa tingkat kehadiran mahasiswa pun dosen yang mencapai 95 persen. “Kami memulai dari dalam dan kedepan akan terus mengembangkan program-program lainnya,” papar Mustamin.
Diurikannya, selama tahun ajaran 2009-2012, STKIP Bima mengelola sekitar 8000 mahasiswa Jumlah tersebut tersebar pada lima program studi. Untuk Sarjana yang diwisuda saat itu, Mustamin berpesan agar mengamalkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh, dengan menjunjung tanggung jawab. “Kami yakin bahwa saudara yang diwisuda memiliki kualitas yang baik dan dapat membawa nama harum STKIP Bima di tengah masyarakat” kata Mustamin.
Menyoal pengembangan lembaga, lanjutnya, STKIP Bima telah menerapkan program system informasi akademik yang berbasis online, dengan harapan program tersebut dapat menunjang pembangunan informasi dan informatika. Sehingga kedepan, desain-desain program tidak lagi dilakukan secara manual. “Program ini sebagai upaya tindak lanjut manat undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen serta undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.
Pada tahun ini juga, kata Mustamin, STKIP Bima telah mengirim 18 orang tenaga dosen untuk melanjutkan program pendidikan pasca sarjana serta dua orang untuk program doktor yang tersebar di perguruan tinggi ternama di Nusantara. “Sebanyak 20 orang tenaga dosen, kami kirim untuk melanjutkan ke pasca sarjana dan doctor,” katanya.
Kata Mustamin, dalam waktu dekat ini STKIP Bima akan membuka program pasca sarjana (S2), dengan konsentrasi pada program magister pendidikan ekonomi. Bahkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama Dirjen Dikti akan enerbitkan perijinannya. Selain itu, Mustamin mengaku telah membangun kerjasama dengan beberapa univesitas, baik dalam negeri maupun luar negeri. “Untuk luar negeri, kami tengah jajaki kerjasama dengan South University of Korea (Universitas Korea Selatan,” akunya.
Yang membanggakan dirinya, diawal kepemimpinannya STKIP Bima telah membuka dua program studi baru yakni Pendidikan Kimia dan Fisika. Hal tersebut merupakan upaya pihaknya dalam  menjawab tuntutan masyarakat dan dunia pendidikanyang ada di Pulau Sumbawa, khususnya Kabupaten dan Kota Bima. (joe/adv)
×
Berita Terbaru Update