Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dua Dus Soal UN, Rusak?

18 April 2013 | Kamis, April 18, 2013 WIB Last Updated 2013-04-18T00:57:38Z


Kota Bima, (SM).- Setelah jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tertunda dan bergeser, akhirnya naskah soal UN tiba di Kota Bima, Rabu (17/4) pukul 12.45 wita dan langsung diamankan di kantor Polres Bima-Kota. Namun, dua dus soal ujian dan lembar jawaban untuk Sekolah Menengah Atas setingkat Mandrasah Aliah  Negeri (MAN) dalam kondisi basah setelah dibongkar dari mobil box PT.Pos Indonesia yang mengantarnya.

Menyusul tibanya naskah soal UN, dipastikan Kamis (18/4) pelaksanaan UN dapat dilaksanakan serentak setelah beberapa kali ditunda dan bergeser karena masalah tehnis percetakan. Untuk proses pendistribusian, dilakukan pihak Univeristas Mataram (Unram) dibawah pengamanan pihak kepolisian.
Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (dikpora)  Kota Bima, Drs. Alwi Yasin Map dikonformasi saat penerimaan naskah soal mengatakan, pihaknya hanya memastikan bahwa soal yang didistribusikan sampai dengan aman. Soal dimaksud didistibusikan dari Provinsi dibawah kawalan pihak kepolisian. Mengenai kelengkapan soal, belum dapat diketahui karena masih akan diperiksa bersama.
Terkait pendistribusian soal dari tempat pengamanan ke sekolah, lanjutnya, menjadi tugas pihak Unram. “Sekolah hanya menerima soal dan melaksanakan UN, Sementara Dinas kewenanganan hanya menyiapkan pelaksanaan UN melalui sekolah-sekolah yang ada,” urainya.
Mengenai adanya dua dus soal yang basah, kata Alwi, pihaknya akan melakukan pemeriksaan, apakah akibatnya sampai mengakibatkan kerusakan pada soal yang ada didalamnya atau hanya pada bagian luar dusnya saja, ”Kita periksa dulu, apa soalnya rusak atau tidak. Naskah soal yang terkena air, adalah soal untuk MA  Negeri I dan MA Negeri II jurusan IPA, IPA, Bahasa dan Agama,” urainya
Sementara ini, naskah soal yang terkena air belum dapat dimasukan dalam gudang pengamanan, karena lebih lanjut akan dilakukan pemeriksaan. Juga yang sangat urgen dalam memeriksa soal adalah jangan sampai soal yang terkena air tetap dapat terjaga kerahasiaanya.
Mengenai jadwal UN, menurut Alwi, setelah seluruh soal didistribusikan tentunya sudah tidak ada lagi masalah, pelaksanaan jadwal UN akan dilaksanakan sesuai jadwal dari BSNP sebelumnya dan bagi pihaknya tidak ada kata tidak siap melaksanakan, karena memang sudah jauh-jauh hari sangat siap untuk melaksanakan UN.
Sementara Kasi Kurikulum Dikpora Kota Bima Drs. Taufik yang dikonfirmasi terpisah, terkait siswa yang ikut UN sampai saat ini belum ada laporan dari pihak sekolah ada yang tersangkut masalah hukum sehingga siswa yang bersangkutan akan mengikuti UN ditempat khusus, begitupun laporan siswa yang sakit atau berhalangan akibat berbagai hal diakui Taufik, sampai saat ini belum ada laporan. Kalaupun ada laporan, akan ditindaklanjuti, dinas bersama sekolah berkoordinasi dengan kepolisian untuk yang tersnagkut kasus hukum begitupun yang sakit tidak mampu ikut UN. (dd)
×
Berita Terbaru Update