Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PKS, Parpol Pertama Pendaftar Bacaleg

18 April 2013 | Kamis, April 18, 2013 WIB Last Updated 2013-04-18T00:55:25Z


Bima, (SM).- Sejak kran pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dibuka tanggal 9 April lalu, hingga Rabu (17/4) baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendaftarkan berkas pencalonan kadernya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima.

Panwaslu Kabupaten Bima, melakukan pengawasan ketat saat pendaftaran Bacaleg yang dipimpin langsung Ketua DPD PKS Kabupaten Bima, Ilham Yusuf yang didampingi puluhan pengurus dan Bacaleg PKS itu. Mereka tiba di kantor KPU Kabupaten BIma pada pukul 9.00 dan mulai melakukan registrasi pada pukul 9.15 Wita dan berakhir pukul 10.30 Wita.  
Ketua Divisi Pengawasan Panwaslu Kabupaten Bima, Muhamad Waru, SH, MH, mengatakan, hasil pengawasan sementara pemberkasan yang disampaikan PKS kepada KPU, hamper semua dinyatakan lengkap. Secara detail, kelengkapan tersebut akan dilakukan pengawasan pada tahapan verifikasi.
Jelas Waru, hasil pengawasan sementara pihaknya unsure-unsur yang disyaratkan dalam Peraturan KPU nomor 13 tahun 2013, sudah dipenuhi oleh PKS seperti, keterwakilan 30 persen perempuan di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) dan terpenuhinya Bacaleg mengisi Dapil yang ada. “Di Kabupaten Bima terdapat 5 (lima) Dapil dan PKS sudah memenuhi unsur-unsur dimaksud.
Menyoal pemberkasan lain, lanjut Waru, akan dilakukan pengawasan lebih lanjut pada tahapan verifikasi yang akan mulai dilakasanakan pada tanggal 23 April hingga 6 Mei 2013. Adapun catatan kekurangan, lanjutnya, akan disampaikan ke KPU untuk ditindaklanjuti. “Jika nanti ada kekurangan, pastinya kami rekomendasikan untuk perbaikan,” tandasnya.
Sementara Ketua KPU Kabupaten Bima, Nursusila, S.Sos mengatakan, berkas Bacaleg PKS telah diterima pihaknya yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh tim kelompok kerja KPU. Sila, sapaan akrab ketua KPU, juga mengakui bahwa PKS merupakan Parpol pertama yang mendaftarkan Bacaleg-nya di KPU. “Jika mendaftar lebih awal, akan mempermudah kinerja tim kami dalam melakukan pemeriksaan,” singkat Sila. (BNQ)
×
Berita Terbaru Update