Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Warga Mande, Keluhkan Bantuan Rehab Rumah

06 Maret 2013 | Rabu, Maret 06, 2013 WIB Last Updated 2013-03-07T02:04:25Z

Kota Bima, (SM).- Salah seorang warga Lingkungan Mande II Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda Kota Bima, keluhkan finalisasi program bedah rumah oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat). Masalahnya, pengerjaan bedah rumah masih mangkrak, lantaran tidak menuntaskan pekerjaan lantai.

Tidak saja masalah penyelesaian pengerjaan bedah rumah yang dikeluhkan warga, namun juga penyelesaian gaji tukang yang mengerjakan rumah. Seperti disampaikan M. Nur Saleh (53) melalui anaknya Atun kepada wartawan Selasa (5/3), mengakui rumah orangtuanya yang kini dikerjakan KSM Kelurahan Mande belum selesai dikerjakan.
Pekerjaan yang belum dilesaikan yakni pada lantai rumah. Diakui Atun, program bedah rumah kali ini sangat jauh berbeda dengan program bedah rumah dari Pemerintah Kota (pemkot) Bima, dimana bayak material bangunan rumah yang kini dibedah adalah bekas bongkaran dari rumah awal.
Sementara pihak KSM sebagai koordinator pengerjaan bedah rumah hanya memberikan beberapa material kayu, bedek, semen, pasir dan batu.”bayak kayu bekas rumah sebelumnya yang digunakan sekarang,” ujarnya. Lanjut Atun bahkan genteng yang dipakai adalah genteng rumah yang sebelumnya dipakai kembali,.
Mengenai anggaran Atun mengaku tidak tahu, karena tidak pernah disampaikan oleh petugas yang hadir, namun informasi yang didengar Rp 5 juta setiap rumah.
Sementara koorditator KSM Kelurahan Mande, Midun yang dikonfirmasi terpisah membantah semua tudingan warga, menurutnya program bedah rumah yang bersumber dari anggaran PNMP Mandiri Kota Bima, sudah sesuai kucuran anggaran.
Untuk satu rumah dianggarankan masing-masing Rp 7 juta dan sesuai mekanismenya tidak dikerjakan seluruhnya melalui kucuran anggaran dimaksud namun sifatnya dikerjakan secara swadaya bersama masyarakat. Sementara saat realisasi tidak ada pengerjaan swadaya seluruh dibiayanyai dari uang Rp 7 juta itu.
Bahkan sampai gaji tukang dari anggaran tersebut diambil, tambah Midun, juga bayak kebijakan yang dilakukan untuk program bedah rumah yang dikoordinirnya, pada awalnya sesuai bestek ukuran atau volume rumah hanya 3x5 M namun karena melihat kondisi warga penerima bantuan benar-benar tidak mampu akhirnya dibijaki menjadi 4x6 M.
 Mengenai seluruh anggaran untuk Lingkungan Mande II adalah sebesar Rp 21 juta dibagi tiga rumah yang masuk program, selain Lingkungan II juga ada dilingkungan I dan II dalam program yang sama anggaran hanya dari PNPM Mandiri tidak ada dana sharing dari program yang lain.(dd)
×
Berita Terbaru Update