Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

SDN 1 Tente Tak Terima Dana BOS Triwulan I

02 Maret 2013 | Sabtu, Maret 02, 2013 WIB Last Updated 2013-03-01T17:30:02Z


Bima, (SM).- Baru pertama kali terjadi sekolah negeri tidak menerima pencairan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), seperti yang dialami SDN 1 Tente Kecamatan Woha bahwa  triwulan pertama 2013 tidak yang dikucurkan dananya.

Manajer BOS Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Amiruddin, yang dihubungi mengakui bahwa SDN 1 Tente tidak menerima pencairan dana BOS untuk triwulan pertama tahun 2013. “Memang mereka tidak terima BOS triwulan ini,” ucapnya.
Mantan Kepala SMPN 3 Woha itu menjelaskan, sekolah setempat tidak menerima dana BOS lantaran ada kesalahan terhadap proses entri Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Dinas Dikpora Provinsi NTB dari usulan sekolah setempat.
“Sejak pertama saya dilantik jadi manajer BOS informasi itu sudah saya dengar kemudian saya cek pada Dinas Dikpora Provinsi untuk membenarkannya dan memang terjadi demikian. usat pun tidak ada data sekolah itu,” ucapnya.
Ia menceritakan, sekolah setempat telah mengirim Dapodik pada bulan Oktober 2012 lalu pada Dinas Dikpora Provinsi NTB melalui Dinas Dikpora Kabupaten Bima kemudian diproses entri data sehingga diajukan ke Pemerintah Pusat.
Data tersebut, lanjutnya, kemudian diproses ulang namun akhirnya tidak muncul-muncul nama SDN 1 Tente, tetapi justru nama sekolah yang keluar adalah SDN Inpres 1 Tente. “Sementara di Woha tidak ada nama SDN Inpres 1 Tente,” tuturnya.
Buntut dari kesalahan entri data tersebut, sekolah setempat tidak menerima pencairan dana BOS triwulan pertama tahun 2013. “Ini yang menjadi persoalan, tetapi kita sudah komunikasikan dan sudah ada solusi,” katanya.
Hasil konsultasi antara pihaknya dengan Pemerintah Provinsi memberikan jaminan bahwa sekolah setempat tetap akan menerima pencairan BOS triwulan pertama yang dibayarkan secara rapelan pada pencairan triwulan kedua pada bulan April nanti.
Selain ada yang tidak menerima sama sekali, juga ada sekolah yang mengalami kekurangan jumlah siswa dan kelebihan jumlah siswa penerima dana BOS. Bagi sekolah yang kelebihan jumlah siswa, nantinya akan dikembalikan pada kas negara.
Bagi sekolah yang mengalami kekurangan jumlah siswa penerima BOS, kedepan akan diupayakan untuk ditambah lagi sesuai dengan jumlah siswa yang sebenarnya. “Kekurangan dan kelebihan nama siswa ini lumrah terjadi,” terangnya. (ima)

×
Berita Terbaru Update