Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sadar Wisata Perlu Diimbangi Sadar Budaya

06 Maret 2013 | Rabu, Maret 06, 2013 WIB Last Updated 2013-03-07T01:56:22Z

Bima, (SM).- Obyek wisata Pantai Kalaki Desa Panda merupakan salah satu daya tarik wisata alam yang dimiliki oleh Kabupaten Bima. Keindahan pantai ini masih sangat alami dan asri, sehingga akhir-akhir ini banyak wisatawan yang berkunjung kesana, maka perlu diantisipasi hal-hal yang dapat menurunkan kualitas dari obyek wisata tersebut. Salah satu cara untuk menjaga kualitas suatu obyek wisata adalah dengan menerapkan butir-butir Sapta Pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan) dalam kehidupan sehari-hari.

Di sinilah peran serta masyarakat sangat diperlukan, "Sadar Wisata sekaligus Sadar Budaya," demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima, H. Nurdin, SH dalam acara Penyuluhan Kelompok Sadar Wisata dan Sadar Budaya yang dilaksanakan di Paruga To'i Kalaki, Senin (04/03).
Menurut H.Nurdin, perlunya masyarakat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam upaya memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan, seperti kemampuan mengolah dan menyajikan menu masakan, menjaga kebersihan, keamanan, ketertiban dan masih banyak lagi.
“Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan, yang telah membantu dalam rangka pengembangan pariwisata di wilayah Kalaki,” terangnya.
Di hadapan peserta yang kebayakan dari kelompok sadar wisata pantai Kalaki, Kelompok Sampela Mbojo, Camat Palibelo, dan Kepala Desa Panda  Nurdin juga menjelaskan arah kebijakan pariwisata, pemberdayaan di sektor pariwisata, kebijakan pemberdayaan di sektor pariwisata, desa wisata, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), dan SAPTA PESONA.
Humas dan Protokol Setda Bima, Drs Aris Gunawan mengatakan, penyuluhan ini diikuti sekitar 100 peserta di sekitar obyek wisata Kalaki, yang berkecimpung dalam usaha yang mendukung kepariwisataan seperti, pengusaha rumah makan, nelayan dan lain-lain merupakan agenda rutin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
Drs. Amirudin Kasubdin Pengawasan Pengendalian dan SDM Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, mengharapkan agar seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan Sadar Wisata dan Sadar Budaya untuk mendukung sepenuhnya kebijakan Pemerintah dalam mengembangkan Pariwisata. 
Dalam catatan Amirudin, acara penyuluhan didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Visit Lombok Sumbawa 2012 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Pemateri diantaranya : Nurdin, SH Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima, Triningsih, MM kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata NTB, Tasmin Bukhori dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bima,  dan Drs. Amirudin, Kasubdin Pengawasan dan Pengendalian SDM Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima. (sam)
×
Berita Terbaru Update