Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Realisasi Raskin Hingga Maret Lebih 80 Persen

06 Maret 2013 | Rabu, Maret 06, 2013 WIB Last Updated 2013-03-07T02:03:55Z

Bima, (SM).- Realisasi penyaluran Beras Miskin (Raskin) di Kabupaten dan Kota Bima hingga Maret 2013, tembus angka delapan puluh persen lebih. Demikian disampaikan Kepala Sub Divre Dolog Bima melalui Ketua Satuan Kerja (Satker) Raskin wilayah Bima Dompu, Sukrnadin, Selasa kemarin di ruang kerjanya.

Distribusi Raskin untuk wilayah Kabupaten dan Kota Bima, kata Sukarnadin, sudah terealisasi hingga April (untuk separuh wilayah). Untuk wilayah Kabupaten Bima, sesuai pagu distribusi raskin dipatok sebanyak 588.060 kiologram dan atau di kali tiga bulan (Januari-Maret) sebanyak 1.764.180 kilogram atau realisasi dalam hitungan prosentasi sebesar 48 persen. Sementara untuk wilayah Kota Bima sesuai pagu rencana distribusi sebanyak 139.890 kilogram. Terhitung selama tiga bulan berjalan sebanyak 419.670 kilogram atau terealisasi sebesar 85,35 porsen.
Jelas Sukarnadin, regulasi pembayran yang disepakati alias dibijaki Sub Divre Dolog Bima masih menggunakan kebijakan pada tahun sebelumnya yakni cash and carry atau pembayaran dimuka sebelum dilakukan distribusi. Dengan sistem pembayaran semacam ini, jelasnya, distribusi dan tunggakan yang biasa terjadi diberbagai desa dan wilayah, sudah bisa diminimalisir bahkan hampir tidak terjadi persolan penyangkut penyelesaian pembayaran. “Beras akan didistribusi pada desa dan atau kelurahan apabila sudah menyelesaikan pembayaran pada bulan tersebut, “jelasnya.
Selama ini kata Sukrnadin, tidak ada persoalan dan kendla yang dihadapi dalam penyuplaian dan pembyaran raskin ditengah masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari peran dan dukungan pemerintah setempat dalam bekerjasama melakukan regulasi yang baik pendistribusian raskin. (ris)
×
Berita Terbaru Update