Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BPK Tuntas Audit Tahap Awal

02 Maret 2013 | Sabtu, Maret 02, 2013 WIB Last Updated 2013-03-01T17:30:01Z


Bima, (SM).- Saat ini tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan NTB telah tuntas melaksanakan audit regular tahap awal terhadap pengelolaan APBD tahun 2012. Dalam waktu dekat, tim BPK akan melakukan audit lanjutan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Bima, Aris Gunawan mengatakan, terhitung tanggal 26 Februari 2013, sebenarnya BPK sudah tuntas melaksanakan audit tahap awal. “Nanti akan ada audit lanjutan lagi,” ujarnya.
Kata Aris, tim BPK yang beranggotakan 5 orang itu melakukan audit regular atas pengelolaan APBD tahun anggaran 2012. Semua SKPD jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima telah ditemui, meski secara acak.
Pusat pemeriksaan, kata dia, dilakukan di Sekretariat dengan menghadirkan data-data yang ada pada SKPD yang dijadikan sample pemeriksaan. “Ini baru data awal dan pemeriksaan awal, nanti akan dilanjut dengan pemeriksaan lain,” ujarnya kembali.
Pengelolaan APBD tahun 2011, BPK memberikan opinin disclamer terhadap pengelolaan keuangan menyusul tidak mampunya Pemerintah memberikan data pendukung atas penggunaan keuangan yang dialokasikan dalam APBD.
Menurut Aris, tidak adanya data pendukung dimaksud lebih disebabkan oleh terjadinya musibah kebakaran pada kantor Pemkab Bima sehingga semua data penggunaan keuangan telah hangus terbakar.
“Sebenarnya kita sudah coba upayakan data pendukung dari pihak lain, namun tidak cukup untuk menutupi penggunaan total APBD yang ada, sehingga BPK memberikan opini disclaimer atas pengelolaan keuangan,” terangnya.
Untuk APBD 2012, lanjut dia, Pemkab Bima optimis ada perubahan kenaikan status atas pengelolaan keuangan. “Minimal dengan status Wajar Dengan Pengecualian (WDP) seperti tahun 2010 dan tahun-tahun sebelumnya,” timpalnya.
Disinggung kendala yang masih dihadapi Pemkab Bima sekarang ini, Aris mengakui, saat ini Pemerintah mengalami kendala terutama kaitan dengan persoalan asset. Ada asset yang sudah dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Bima tetapi belum, ditindaklanjuti dengan administrasi. (ima)
×
Berita Terbaru Update