Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Alasan Cuaca, Hanta U’a Pua Tak Dilaksanakan

02 Maret 2013 | Sabtu, Maret 02, 2013 WIB Last Updated 2013-03-01T17:30:02Z


Bima, (SM).- Gelar Hanta U’a Pua sebagai pentas budaya tradisional yang acap diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata setempat, saban tahun, kali ini (2013) tidak terlaksana. Padahal tradisi budaya yang mencerminkan kebiasaan Kesultanan Bima sepanjang peradaban itu, salah satu ikon budaya Mbojo.

Gelar Hanta U’a Pua yang selalu ramai bahkan dihadiri sejumlah tamu penting di luar daerah dan tingkat pemerintah pusat, termasuk wisatawan mancanegara dan domestik, tahun ini menjadi hambar dan tanpa makna. Visit budaya Bima yang dihasratkan selama ini pun, tentu terpotong niatannya.
Penyebabnya, pengaruh cuaca yang tidak mendukung, begitu alasan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, H Nurdin SH pada wartawan, Jum’at kemarin via seluler. Disamping cuaca sebagai kendala dan penyebab kegiatan tahunan yang ada diprogram Dinas Pariwisata itu tidak dilangsungkan, masukan Majelis Adat Dana Mbojo dengan alasan sama karena cuaca yang tidak menentu yang tidak memungkinkan digelarnya Hanta U’a Pua di pelataran Asi Mbojo (Istana Bima).
Dirinya membantah, kalau urung dilaksanakan gelar budaya tradisional bercorak Islami itu, karena tidak didukung dana yang mencukupi. Tegasnya, murni karena cuaca yang tidak mendukung berikut masukan langsung dari Majelis Adat Mbojo. ”Anggaran sudah tersedia tiap tahunnya. Bukan masalah anggaran tapi murni penyebabnya kekhawatiran cuaca yang tidak mendukung,“ tepisnya.
Sebenarnya kata Nurdin, gelar budaya rangkain prosesi Hanta U’a Pua sebagian sudah terlaksana. Bagian lain dari prosesi yang sudah dilaksankan diantaranya, zikir maulidan, zikir berjanji dan pencucian benda pusaka yang digelar beberapa waktu lalu. Hanya penyerahan Qur’an dipelataran hingga ruang dalam Istana saja yang tidak bisa terlaksana, karena cuaca yang tidak mendukung sebagiamana dimaksud.
“Kalau dipaksakan dilaksankan pada saat ini dengan cuaca yang tidak menentu dikhawatirkan, suasana penyerahan Qur’an di singasana Istana Bima dengan didukung ratusan pelakon dalam gelar hanta U’a Pua, buyar dan momentnya menjadi tidak sakral,“ ujar Nurdin. (ris)

×
Berita Terbaru Update