Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tender Proyek Diharapkan Lebih Awal

02 Februari 2013 | Sabtu, Februari 02, 2013 WIB Last Updated 2013-02-02T04:06:28Z

Bima, (SM).- Hampir setiap tahun anggaran, pelaksanaan pekerjaan proyek pada sejumlah instansi di jajaran Pemerintahan dilaksanakan pada akhir tahun, bersamaan dengan intensitas meningkatnya curah hujan.
Tak heran pelaksanaan setiap kegiataan berbarengan dengan turunnya hujan sehingga berimbas pada mutu dan kwalitas pekerjaan. Untuk itu diharapkan pelaksanaan proses tender dapat dilakukan lebih awal dari biasanya.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bima, H. Mustahiq H. Kako mengharapkan pada pemerintah, agar pelaksanaan proses tender setiap paket proyek dapat dilakukan lebih awal dari kebiasaan yang terjadi belakangan ini.
“Biasanya tender dilakukan antara bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan tersebut bertepatan dengan meningkatnya curah hujan. Pelaksanaannya pun baru dilakukan oleh rekanan setelah proses tender dilakukan,” ungkapnya.
Pelaksanaan pekerjaan yang bersamaan dengan meningkatnya curah hujan tersebut, kata dia, sangat berpengaruh pada mutu maupun kwalitas pekerjaan. Dimana, rekanan melaksanakan pekerjaan menyesuaikan dengan kondisi alam.
Selain itu, lanjutnya, dampak negatif atas pelaksanaan pekerjaan yang bersamaan dengan musim hujan tersebut, fisik pekerjaan tidak dapat diselesaikan oleh rekanan sesuai dengan masa berakhirnya tahun anggaran.
“Contohnya proyek aula kantor Camat Donggo. Pekerjaan tersebut telat diselesaikan oleh rekanan, karena memang proses tender dilakukan pada bulan November. Kalau bisa proses tender diupayakan lebih awal,” pintanya.
Bukan hanya proses tender fisik saja yang dilakukan jelang akhir tahun, tetapi pembagian bibit padi pada para petani juga dilakukan bersamaan dengan musim pancaroba. “Bibit juga dibagi disaat-saat petani lagi tanam,” ujarnya.
Seharusnya bantuan bibit tersebut dapat dibagi oleh Pemerintah sebelum petani cocok tanam. Bibit dapat dibagikan jauh hari sebelum saat cocok tanam sesuai dengan kondisi curah hujan di masing-masing wilayah.
“Terkadang curah hujan di wilayah Kabupaten berbeda-beda di beberapa kecamatannya. Misalnya pada daerah Sape bagian timur, Wera bagian timur dan wilayah Tambora, bibit cocok dibagikan bulan November. Tapi untuk wilayah lain, cocoknya pada bulan sebelum itu,” sarannya. (ima)
×
Berita Terbaru Update