Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jamkesmas di Ni’u, Tidak Tepat Sasaran

13 Februari 2013 | Rabu, Februari 13, 2013 WIB Last Updated 2013-02-13T05:51:23Z

Kota Bima, (SM).- Pendataan warga miskin yang akan mendapatkan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) acapkali menuai persoalan. Seperti yang terjadi di Lingkungan Ni’u Kelurahan Dara Kecamatan Rasnae Barat, karena pendataan yang asal-asalan, justru merugikan masyarakat yang berhak mendapatkannya.

Informasi yang diperoleh Koran ini, pendataan penerima kartu Jamkesmas di Lingkungan Ni’u tidak tepat sasaran. Warga miskin yang berhak mendapatkannya, justru tidak tercatat. Yang dapat, malah orang kaya, seperti mantan Hakim dan pengusaha garam. Karena tak tepat sasaran, kartu Jamkesmas tersebut tak dibagikan, dan disimpan oleh Ketua RT setempat. Diduga pendataan tersebut karena dilakukan asal-asalan oleh BPS Kota Bima.
Kepala Kelurahan Dara, Syahbuddin, S.Sos yang dihubungi di ruangannya, Selasa kemarin, tersenyum mendengar pertanyaan pekerja media tentang itu. Ia pun mengakuinya, namun kartu tersebut masih disimpan dan tak boleh dibagikan. “Yang memiliki nama dan tergolong kaya juga enggan menerima kartu itu,” ujarnya.
Kata dia, ada kesalahan pendataan memang saat dilaksanakan BPS, karena tak berkoordinasi dengan lurah dan RT/RW setempat. Akibatnya, salah sasaran. “Kami memahami memang ini kekeliruan. Tentu kami sebagai lurah pun tak akan mendukung jika dibagikan ke orang kaya,” katanya.
Karena sudah salah pendataan, pihaknya pun meminta agar nama tersebut segera diganti dengan warga miskin yang memang berhak untuk mendapatkannya. (bnq)
×
Berita Terbaru Update