Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Forum SKPD Elaborasi Program Perencanaan

27 Februari 2013 | Rabu, Februari 27, 2013 WIB Last Updated 2013-02-27T14:36:28Z

Dompu, (SM).- Forum Satuan Kerja Perangkar Daerah (SKPD) mulai Selasa (26/2) melakukan elaborasi atau penggabungan berbagai program  yang terserap mulai dari  kegiatan Musyawarah Bangun Desa Kelurahan (Musbangdes/Kel) dan musyawarah di tingkat Kecamatan. Kegiatan itu berlangsung di aula Bappeda Dompu.

Kepala Bappeda melalui Kasubag Program dan Pelaporan Tajuddin SE, menuturkan sesuai dengan amanat undang – undang, setelah tahapan Musbangdes/Kel dan musyawarah di  tingkat kecamatan  dilaksanakan maka forum  SKPD  meramu berbagai program tersebut, tentunya dengan mensinkronisasikan antara usulan yang muncul di tingkat desa dan tingkat kecamatan. “Setiap tahun  kegiatan seperti ini dilakukan untuk menyesuaikan usulan dari desa dan ditingkat kecamatan,” terangnya.
Katanya, kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 28 ini. Namun pada pembahasan awal dijumpai adanya program yang tidak singkron dari desa dan  di tingkat kecamatan. Misalnya, masalah ambulan desa, hal itu tidak diusulkan di tingkat desa tapi bisa muncul pada usulan tingkat kecamatan. “Hal – hal seperti ini akan kita coba elaborasikan apakah sesuai nggak dengan kebutuhan masyarakat di tingkat Desa, supaya program yang dihasilkan tepat sasaran,” tandasnya.
Di sisi lain, dia menilai banyak pula program yang dilahirkan dari bawah yang tidak sesuai skala prioritas kebutuhan  di desa. Seperti pembangunan pagar kuburan. Padahal masih banyak kebutuhan sarana dan prasarana lain yang memerlukan perhatian dan penanganan dari pemerintah. “Masyarakat terkadang tidak memahami prioritas program yang mereka usulkan,” jelasnya.   
Setelah   usulan program ini dirampungkan, maka pihaknya akan menyusun dalam dokumen  Musrembang Kabupaten. (dym)
×
Berita Terbaru Update