Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Enam DAM di Wera, Jebol

06 Februari 2013 | Rabu, Februari 06, 2013 WIB Last Updated 2013-02-07T02:14:44Z

Bima, (SM).-Tidak kurang dari enam DAM di Kecamatan Wera, jebol dan praktisnya tidak bisa berfungsi untuk pengairan dan serta irigasi ribuan hektar tanah pertanian diwilayah itu.

Anggota DPRD Kabupaten Bima Daerah Pemilihan (Dapil) IV, Sukri HT MPd, pada sejumlah wartawan Selasa kemarin, menyampaikan, enam DAM di wilayahnya rusak parah akibat banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Wera. Enam DAM dimaksud, DAM Nggeru Nunggi, DAM Wadu Mbia Tanah, DAM Sumpi Hidirasa, DAM Nae Palu Hidirasa, DAM Tolomati Tadewa dan DAM Pali Tadewa.
Sejumlah DAM tersebut, jelasnya, sudah tidak berfungsi dan dipastikan tidak bisa lagi mengairi kebutuhan cakupan air untuk irigasi persawahan ribuan hektar jumlahnya diseluruh wilayah sekitar DAM dimaksud. “Meski warga tani sekitar DAM telah berusaha mengakali dengan membendung secara alami tembok DAM yang ambruk dengan alat dan bahan seadanya. Namun sia-sia saja.DAM tetap tidak berfungsi normal, “jelasnya.
Untuk itu dirinya mewakili masyarakat tani kecamatan Wera yang menggantungkan pencahariannya pada kondisi DAM yang baik demi cocok tanam persawahan, berharap pada pemerintah dan pihak terkait lainnya, sesegra mungkin menyiasati dan melihat kondisi DAM dengan maskud saatnya nanti secepatnya dapat diperbaiki.
Kalau tidak segera dicarikan solusi atas kerusakan atau ambruknya sejumlah DAM yang ada diwilayah Kecamatan Wera, tentu kata duta Partai Amanat Nasional (PAN) ini, akan berimpilikasi pada gagal panen secara besar-besaran, baik pada musim tanam penghujan sekarang pun pada musim tanam yang akan datang dan seterusnya.(ris)
×
Berita Terbaru Update