Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hilangkan Tendensi Juara Dalam Lomba Desa

04 Mei 2012 | Jumat, Mei 04, 2012 WIB Last Updated 2012-05-04T12:19:40Z

Bima, (SM).– Kepala BPMDes Kabupaten Bima, Putarman SE, meminta pada seluruh warga masyarakat khususnya pada sejumlah Kepala Desa (Kades) yang desanya masuk sebagai duta dalam kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Bima tahun 2012 ini untuk menghilangkan tendensi juara.
“Jangan semata-semata mengharapkan juara dalam pelaksanan lomba desa karena juara bukan tujuan utama dari pelaksanaan lomba”, demikian dikatakannya ketika dikonfirmasi wartawaan saat melakukan penilaian di Desa Tonda, Kecamatan Madapangga, Kamis (4/5).

Menurutnya, tujuan utama dalam pelaksanan lomba desa tingkat Kabupaten Bima bahkan lomba desa tingkat provinsi yang dilaksanakan pada setiap tahunnya adalah untuk menumbuhkembangkan semangat budaya gotong royong masyarakat dalam melakukan penataaan lingkungan desa, administrasi desa yang lebih baik demi menuju masyarakat yang maju dan mandiri. “Itulah tujuan utama dari pelaksanaan lomba desa, bukan semata-mata untuk meraih juara”, terangnya.
Putarman mengaku, memang dalam setiap pelaksanaan lomba pasti ada yang namanya juara dan prestasi juara yang ditorehkan pada setiap desa nanti hanya sebuah bentuk penghargaaan untuk memotivasi, perangsang terhadap berbagai upaya dan ikhtiar yang dilakukan masyarakat dalam menyambut pelaksanaan lomba, “prestasi juara hanya sebuah perangsang saja bukan tujuan utama dari pelaksaanaan lomba desa,” ujarnya.
Dikatakannya, dalam pelaksanaan lomba desa tingkat Kabupaten Bima tahun 2012 ini, ada delapan (8) bidang indikator yang akan dilakukan penilaian oleh tim juri, diantaranya, bidang pendidikan, kesehatan, Kamtibmas, ekonomi, lingkungan serta beberapa indikiator lainnya.
“Dari 18 desa yang ada kami telah melakukan penilaian terhadap 12 desa termasuk Desa Tonda,” sebutnya.
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tonda, Abdul Rauf H. Ibrahim, S.Sos pada wartawan mengatakan, beberapa indikator yang dinilai oleh tim juri dalam pelaksaanan lomba desa semuanya telah dipersiapkan secara matang. “Kami telah persiapkan dengan matang sejumlah indikator yang akan dinilai”, akunya.
Rauf mengaku, dengan segala persiapan yang dilakukan, tentunya sangat tidak berlebihan pihaknya mengharapkan juara meskipun harapan ini bukan tujuan utama dari pelaksanaaan lomba desa. (SM.11)
×
Berita Terbaru Update