Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Belum Saatnya Sekolah Digratiskan

08 Februari 2013 | Jumat, Februari 08, 2013 WIB Last Updated 2013-02-09T05:44:49Z

Kota Bima, (SM). “Tak ada cerita sekolah gratis,” demikian dikatakan pejabat Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (dikpora) Kota Bima, Drs. Alwi Yasin menanggapi aksi demo warga Kelurahan Rontu beberapa hari lalu di depan SMPN 5 Kota Bima.

Ditemui dikantornya, Kamis (7/2) Alwi mengakatan untuk biaya pendidikan saat ini belum mampu ditanggulangi oleh pemerintah. Melalui dana BOS pun tidak mencukupi untuk menutupi biaya operasional dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Menurut Alwi, biaya komite yan ditarik sekolah bukan dilakukan secara illegal, uang komite tertuang didalam Permendiknas Nomor 44 Tahun 2011 Tentang Komite Sekolah. Keluarnya Undang-Undang dimaksud sebagai landasan sekolah untuk dapat memungut biaya dari orang tua murid karena keterbatasan anggaran dari pemerintah.
Tujuannya, bukan untuk siapa-siapa, akhirnya pasti untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) siswa dalam pelaksanaan kegiatan KBM sekolah bersnagkutan. Juga tertuang dalam aturan Sisdiknas, yang mengaturnya sehingga sekolah berani melakukannya tetapi kembali lagi atas kesepakatan bersama orang tua murid.
Lanjut Alwi, pembiayaan pendidikan sesuai aturan dilakukan oleh tiga komponen, yaitu Pemerintah, Masyarakat dan orang tua murid. Melalui komite itulah keterlibatan orang tua muridn dalam pembiayaan sekolah yang memang dirasa masih kurang.
Contoh kata Alwi, untuk biaya pembangunan gedung, pagar atau pembuatan taman. Jadi yang namanya sekolah gratis dari tingkat SD dan SMP sebenarnya untuk sementara waktu belum dapat direalisasikan oleh pemerintah ditengah keterbatasan anggaran yang ada.(dd)
×
Berita Terbaru Update