Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Banjir Genangi 2.608 Rumah Warga Dompu

16 Februari 2013 | Sabtu, Februari 16, 2013 WIB Last Updated 2013-02-16T03:56:22Z


Dompu, (SM).- Bencana banjir yang berlangsung Kamis (14/2) menggenangi sedikitnya 2.608 unit rumah warga, di Kecamatan Dompu dan Woja. Bahkan merusak 3 unit rumah warga.
Plt Kepala BKBD Kabupaten Dompu, Ir.Efendi Jum’at (15/2) mengatakan, data tersebut merupakan data sementara dari masing – masing desa atau kelurahan yang terkena dampak banjir dan sudah sampai di tangan BPBD.

Kata dia, Desa atau Kelurahan yang  tergenang banjir di Kecamatan Dompu yakni, Lingkungan Soriwono Kelurahan Potu 156 KK, Kelurahan Karijawa 129 KK,  Bali Satu 172 KK. “Ini data yang sudah masuk, masih ada juga yang belum seperti Dusun Kareke Desa Kareke dan Lingkungan Magenda Kelurahan Potu,” jelasnya.
Sedangkan di kecamatan Woja yaitu Kelurahan Simpasai 158 KK, Kandai Dua 678 KK, dan Desa Wawonduru 1.150 KK. Sedangkan yang rusak ringan tercatat 1 unit rumah di Kelurahan Potu dan 2 unit rumah di Desa Wawonduru. 
Tak hanya rumah, banjir juga menggenangi  lahan pertanian yang sudah ditanami padi dengan berbagai usai tanaman yang diperkirakan sebanyak 300 hektar. “Malah tidak menutup kemungkinan datanya jauh lebih banyak lagi,” tuturnya.
Pada hari pertama pasca banjir, pihak BPBD melakukan upaya penanganan tanggap darurat di Kelurahan Potu. Bantuan makanan instan dan juga tenda darurat juga diturunkan. “Kami baru turunkan bantuan tanggap darurat di kelurahan Potu, sedangkan di wilayah lain kami masih mengidentifikasi data supaya bantuan yang kami kucurkan tepat sasaran,” tuturnya.
BPBD bersama pihak terkait mendorong warga Potu dan sekitarnya untuk melakukan pembersihan massal terhadap sisa banjir seperti lumpur – lumpur yang menggenangi sarana umum seperti gedung sekolah dan tempat peribadatan. (dym)

×
Berita Terbaru Update