Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bagian APP tak Terlibat Langsung Proyek Bencana Alam?

07 Februari 2013 | Kamis, Februari 07, 2013 WIB Last Updated 2013-02-07T01:59:09Z

Bima, (SM).- Plt Kabag APP Setda Bima, Taufik mengaku, Bagian APP tidak terlibat langsung dalam proyek bencana alam Dam Bou di Desa Rasabou Kecamatan Sape dan proyek tanggul di depan SMPN 4 Sape yang jebol diterjang arus banjir. Proyek yang menelan biaya ratusan juta itu rusak parah sebelum sempat dinikmati.

Dikatakannya, sebagai instansi pengendalian daerah, Bagian APP secara instansi hanya terlibat berkaitan dengan pengendali dalam pelaksanaan PHO. Sedangkan untuk urusan teknis pelaksanaan proyek, ada pada SKPD pelaksana kegiatan.
“Untuk pekerjaan Dam Bou dan tanggul secara personal bisa tidak terlibat langsung. Saya juga belum tahu persis apakah ada atau tidak anggota APP yang terlibat PHO pada kedua proyek itu,” ungkapnya.
Kata dia, secara teknis proyek itu merupakan tanggungjawab PPK dan konsultan teknis sebagai konsultan pengawas yang menjadi bagian dari pemerintah dan mewakili kepentingan pemerintah. “Fungsi APP dalam rangka tugas pengendalian,” katanya.
Bagian APP, jelasnya lagi, memiliki fungsi dalam rangka tugas pengendalian yang di PHO adalah pekerjaan yang sudah selesai. Kewenangan PHO, penilaiannya lebih pada penekanan kwantitas, fungsi dan manfaat. “Tim PHO hanya masuk pada ujung pekerjaan. Dari awal mulai pekerjaan, tidak dipantau oleh tim PHO,” sebutnya.
Informasinya, proyek bencana alam tersebut, secara visual dinilai Komisi III DPRD Kabupaten Bima buruk secara mutu maupun kwalitas. Komisi III juga menilai sisi perencanaan pekerjaan tidak matang serta pekerjaan diduga kuat tidak sesuai bestek. Temuan langsung di lapangan, bagian dalam bentangan Dam Bou tidak menggunakan pasangan batu kali. (ima)
×
Berita Terbaru Update