Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Warga Diminta Antisipasi Berbagai Penyakit

05 Januari 2013 | Sabtu, Januari 05, 2013 WIB Last Updated 2013-01-05T01:36:37Z

Kota Bima, (SM).- Dinas Kesehatan (dikes) Kota Bima melansir beberapa penyakit menular berbahaya diantaranya, Deman Berdarah (DBD), Malaria, Cikungunya dan Diare serta Muntaber yang selama ini kerap menjangkiti warga Kota Bima setiap musim penghujan. Warga dihimbau untuk lebih waspada, memperhatikan kebersihan lingkungan masing-masing guna menceha dini penyebaran penyakit tersebut.

Sekretaris Dikes Kota Bima, M. Hasyim, S.sos kepada wartawan dikantornya mengungkapkan, himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan ini tidak serta merta dikeluarkan. Hampir setiap tahun Dikes Kota Bima mencatat munculnya penyakit endemic khususnya pada musim penghujan, seperti penyakit DBD, Cikungunya, Malaria, Diare dan Muntaber sudah menjadi langganan.
Penyakit-penyakit tersebut, diketahui ditularkan melalui gigitan nyamuk yang berkembang biak dengan cepat waktu musim penghujan khususnya pada lokasi-lokasi yang terdapat genangan-genangan air. Untuk itu masyarakat berperan penting sebelum penyakit-penyakit tersebut berkembang menjadi penyakit yang dapat menyebar secara luas.
Biasanya, penyebaran penyakit pada musim penghujan dikarenakan minimnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungannya, guna menghindarinya warga tentunya dapat berperan aktif dengan cara  melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lokasi-lokasi genangan air yang dapat menjadi lokasi berkembang biaknya bakteri penyakit.
Dikes sendiri diakui Hasyim tentunya tidak akan tinggal diam, ditahun 2013 Dinas telah memprogramkan berbagai kegiatan untuk memerangi penyebaran penyakit tersebut dengan cara giat menggelar penyuluhan-penyuluhan diseluruh Kelurahan yang ada. Penyuluhan masih ditekankan pada masalah kebersihan lingkunga. Selain kegiatan penyuluhan juga dalam waktu dekat akan dilakukan pembagian bubuk Abate guna memberantas jentik nyamuk maupun bakteri pembawa penyakit pada tempat-tempat penampungan air.
Juga tentunya tidak lupa untuk antisipasi bila perkembang biakan nyamuk pembawa penyakit menular dengan cepat, sudah disiapkan langkah-langkah efektif untuk penanggulannya yaitu telah telah dibentuk tim tanggap darurat melakukan pengasapan atau foging pada lokasi-lokasi yang dirasa sudah sangat berbahaya. (dd)
×
Berita Terbaru Update