Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wamen Dikbud Sosialisasi Program Pendidikan 2013

14 Januari 2013 | Senin, Januari 14, 2013 WIB Last Updated 2013-01-15T15:40:53Z


Bima, (SM).- Wakil Menteri (Wamen) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Republik Indoensia (RI) Prof. DR. Ir. Musliar Kasim M.S, sosialisasi program kebijakan Kemendikbud tahun 2013 di Kabupaten Bima, Sabtu (12/1) di Paruga Na’e Bolo. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafruddin H. M. Nur, M. Pd, Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala Bapedda Provinsi, Ketua LPMP Provinsi, Kadis Dikpora Provinsi, Kadis Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A. Zubair, Har, Msi, Forko Muspida Kabupaten Bima serta oleh ribuan tenaga pendidik yang ada di wilayah Kabupaten Bima.

Wamen Dalam dalam sambutannya mengatakan, moment tersebut akan diamnfaatkan pihaknya untuk sosialisasi tunjangan sertifikasi dan program PTK untuk jajaran pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. “Program intinya, penerapan sebuah terobosan kurikulum baru yang dicanangkan pada tahun 2013,” jelasnya.
Lanjutnya, sebuah program perubahan kurikulum baru yang dicanangkan Kemendikbud RI, meningkatkan pendidik tenaga kependidikan dengan kesadaran mutu satuan pendidikan dalam kerangka penjamin mutu pendidikan menuju Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan yang berkualitas, dan mampu bersaing dengan SDM Pendidikan yang ada di mancanegara.
Sementara Kadis Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A. Zubair Har, Msi mengatakan, sesuai hasil sosialisasi dari Wamen, untuk tahun 2013 ini ada program kebijakan baru dari Kemendikbud RI seperti program yang berkaitan dengan tunjangan Sertifikasi Guru, PTK dan juga sejumlah program baru lainnya dengan penerepan kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan mulai tahun ajaran baru 2013-2014.
Lanjutnya, latar belakang lahirnya kebijakan Kemendikbud yang baru ini karena berdasarkan hasil analisa Kemendikbud dengan para ahli pendidikan, ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki daripada kurikulum-kurikulum sebelumnya. Selama ini, siswa lebih banyak dituntut untuk menguasai teori saja dengan beban kurikulum yang begitu banyak akan tetapi pada tahun 2013 ini dirubah dan diupayakan semaksimal mungkin lebih bisa mengusai secara efektif, efisien terori dengan menggali potensi siswa  yang diaktualisasikan dengan implementasinya. (pul)

×
Berita Terbaru Update