Bima,
(SM).- Wakil
Menteri (Wamen) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Republik Indoensia (RI)
Prof. DR. Ir. Musliar Kasim M.S, sosialisasi program kebijakan Kemendikbud
tahun 2013 di Kabupaten Bima, Sabtu (12/1) di Paruga Na’e Bolo. Kegiatan
tersebut dihadiri Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafruddin H. M. Nur, M. Pd,
Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala Bapedda Provinsi, Ketua LPMP Provinsi,
Kadis Dikpora Provinsi, Kadis Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A. Zubair, Har, Msi,
Forko Muspida Kabupaten Bima serta oleh ribuan tenaga pendidik yang ada di wilayah
Kabupaten Bima.
Wamen
Dalam dalam sambutannya mengatakan, moment tersebut akan diamnfaatkan pihaknya
untuk sosialisasi tunjangan sertifikasi dan program PTK untuk jajaran
pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. “Program intinya, penerapan sebuah
terobosan kurikulum baru yang dicanangkan pada tahun 2013,” jelasnya.
Lanjutnya,
sebuah program perubahan kurikulum baru yang dicanangkan Kemendikbud RI,
meningkatkan pendidik tenaga kependidikan dengan kesadaran mutu satuan
pendidikan dalam kerangka penjamin mutu pendidikan menuju Sumber Daya Manusia
(SDM) Pendidikan yang berkualitas, dan mampu bersaing dengan SDM Pendidikan
yang ada di mancanegara.
Sementara
Kadis Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A. Zubair Har, Msi mengatakan, sesuai hasil
sosialisasi dari Wamen, untuk tahun 2013 ini ada program kebijakan baru dari
Kemendikbud RI seperti program yang berkaitan dengan tunjangan Sertifikasi
Guru, PTK dan juga sejumlah program baru lainnya dengan penerepan kurikulum
2013 yang akan dilaksanakan mulai tahun ajaran baru 2013-2014.
Lanjutnya,
latar belakang lahirnya kebijakan Kemendikbud yang baru ini karena berdasarkan
hasil analisa Kemendikbud dengan para ahli pendidikan, ada beberapa catatan
yang perlu diperbaiki daripada kurikulum-kurikulum sebelumnya. Selama ini,
siswa lebih banyak dituntut untuk menguasai teori saja dengan beban kurikulum
yang begitu banyak akan tetapi pada tahun 2013 ini dirubah dan diupayakan
semaksimal mungkin lebih bisa mengusai secara efektif, efisien terori dengan
menggali potensi siswa yang diaktualisasikan dengan implementasinya. (pul)