Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tidak Diketahui Siapa yang Verifikasi Penerima Jamkesmas

12 Januari 2013 | Sabtu, Januari 12, 2013 WIB Last Updated 2013-01-12T10:08:45Z

Kota Bima, (SM).- Pasca aksi demo warga Kelurahan Mande yang menuding terjadi manipulasi data penerima kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (jamkesmas), sejumlah intansi pemerintah merasa tidak tahu menahu siapa dan instansi mana yang melakukan proses verifikasi faktual warga penerima kartu Jamkesmas. Termasuk kantor Badan Pusat Statistik (BPS) yang dituding terlibat.

Begitupun pihak Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima mengatakan bertugas membagikan mengenai pendataan tidak pernah tahu, lalu siapa yang tahu, atau ”hantu”. Sebelumnya pihak Kelurahan Mande, melalui pejabat Sekretaris Lurah A.Rasyid juga mengaku tidak tahu terkait proses verifikasi faktual terhadap warga penerima jamkesmas. Bahkan pihak kelurahan tidak pernah diajak koordinasi oleh intansi yang melakukan verifikasi faktual. Setahu A. Rasyid, yang melakukan pendataan adalah kantor BPS Kota Bima.
Bahkan ketika wartawan kotan ini coba mengkonfirmasi Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima, Drs. Sabarni tidak dapat ditemui, salah satu stafnya mengatakan sementara ini Kepala BPS sedang sibuk. ”Bapak lagi sibuk, tidak bisa ditemui,” ujarnya.
Namun staf sempat menampik bila kantor BPS dikatakan yang melakukan proses verifikasi faktual terhadap warga penerima jamkesmas. “Instasi yang melalukan verifikasi bukan BPS. Kita tidak tahu mengenai data jamkesmas,” pungkasnya.
Sementara Kepala Dikes Kota Bima, dr. Agus Dwi Pitono, Alkes, yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, untuk proses verifikasi data warga penerima kartu Jamkesmas bukan oleh Dikes, pihaknya, jelas Agus, dari Pemerintah Pusat hanya ditugaskan mendistribusikan kartu tersebut kepada warga,  untuk mempermudah pendistribusian kartu dilakukan melalui puskemas. ”Kita tidak tahu mengenai pendataan,” tukasnya.
Ditanyakan instasi mana yang melakukan proses verifikasi, dr Agus mengaku tidak tahu dan bukan kewenangannya, yang pasti Dikes bertugas hanya membagikan kartu, selebihnya tidak tahu-menahu. “Atas adanya aksi demo warga kemarin kami sebenarnya coba berkoordinas dengan kantor BPS Kota Bima mengenai data dimaksud, tapi BPS mengaku tidak tahu juga”, ungkap dr Agus. (dd)
×
Berita Terbaru Update