Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Terkikis Banjir, Sayap Jembatan Sadia Roboh

23 Januari 2013 | Rabu, Januari 23, 2013 WIB Last Updated 2013-01-22T17:30:03Z


Kota Bima, (SM).- Sayap jembatan Kelurahan Sadia di Jalan Gatot Subroto sepanjang 10 meter, Senin (22/1) malam sekitar pukul 22/00 wita roboh. Diduga robohnya sayap jembatan akibat terkikis air banjir. Guna menghindari adanya korban jiwa warga terpaksa menutup sebagian badan jembatan.

Pantauan di lapangan, Selasa (22/1) terlihat penutupan bagian timur badan jembatan untuk tidak dilewati oleh kendaraan, terpaksa kendaraan dialihkan pada satu jalur saja untuk menghindari terjadinya loongsor susulan.  Akubat penutupan jalan ini terlihat sedikit terjadi kemacetan.
Warga setempat, Wahyu diwawancara di lokasi jembatan mengatakan, kejadiannya sekita pukul 22.00 wita, warga sekitar ikut merasakan getaran seperti terjadi gempa bumi. ”Kita sempat panic,” ujarnya.
Lanjut Wayu, diperkirakan robohnya sayap jembatan akibat banjir beberapa hari terakhir yang terus terjadi sehingga membuat tanggul tersebut jebol. Tidak saja tangul pada sisi jembatan yang roboh, juga beberapa bulan lalu di sekitar areal jembatan tanggul sepanjang lima meter juga roboh akibat terjangan air banjir.
Ditemui di kantornya, Kepala Bidang Cipta Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bima, Didi Fadiansyah, ST mengatakan, untuk jembatan Sadia dari hasil pantuan petugas roboh akibat kikisan air yang beberapa hari terjadi memang kerap terjadi banjir, lantaran derasnya air ini kemudian perlahan mengikis bagian pondasi bangunan sehingga kemudian roboh.
Sebenarnya, untuk status jembatan Sadia bukan merupakan kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, karena statusnya jalan propinsi begitupun dengan jembatannya. Oleh karena itu biaya perbaikan sampai biaya perawatan masih ditanggung pemerintah provinsi. Namun untuk mengantisipasi terjadinya hal yang dapat membahayakan warga, pihaknya telah menghitung seluruh biaya perbaikan untuk kemudian ditanggulangi melalui anggaran tanggap darurat pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima.
Dari rincian perhitungan kurang lebih anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan sayap jembatan Rp 50 juta. (dd)
×
Berita Terbaru Update