Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

SMPN 1 Bolo Adakan MGMP IPA

02 Januari 2013 | Rabu, Januari 02, 2013 WIB Last Updated 2013-01-01T17:30:01Z


Bima, (SM).- Akhir tahun 2012, jajaran pendidikan kembali menggelar kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA, selama dua hari Sabtu hingga Ahad (29 - 30 Desember 2012) yang dipusatkan di SMPN 1 Bolo yang tergabung dalam lingkup Sub Rayon 09. Kegiatan MGMP yang berbasis Pendidikan Karakter Bangsa diikuti tenaga pendidik di lingkup sekolah setempat bersama tenaga pendidik mata pelajaran IPA yang ada di sekolah lingkup sub rayon 09.

Ketua Panitia MGMP, Drs. A. Salam Gani, M. Pd dalam laporannya mengatakan, latar belakang kegiatan MGMP IPA yaitu berangkat dari keterpurukan citra bangsa Indonesia didunia internasional. Tentunya, keterpurukan citra bangsa saat ini bukan saja hanya menjadi sebuah gejala akan tetapi sudah menjadi realitas yang disebabkan karena degradasinya karakter generasi muda, pendidikan karakter bangsa dalam pendidikan formal, nonformal dan informal kurang terakomodasi dan implementasi dari sebuah amanat perundang-undangan terkait pendidikan karakter bangsa yang efektif.
Kata dia, sejumlah faktor tersebut sebagai sebuah dampak yang diakibatkan kurangnya terinternalisasi maupun kurang teraplikasinya pendidikan karakter bangsa dalam sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara dalam sebuah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dinilai telah berlangsung selama beberapa decade terakhir ini misalnya sejak millennium kedua dimana pada sejak decade tersebut terjadi krisis multidimensi, seperti krisis ekonomi, krisis social, krisis politik, budaya, pendidikan, moral, kepercayaan, kepemimpinan dan krisis keteladanan,”tuturnya.
Ketua MKKS Kabupaten Bima ini menjelaskan, berkaitan dengan konteks itu, sebagai komponen masyarakat mensinyalir bahwa degradasi karakter bangsa Indonesia bermula dari pengaruh negatif era globalisasi yang dipicu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, karena era tersebut telah mampu menggeser sistem nilai yang paling mendasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegera dis ektor ekonomi, politik, sosial, budaya, kepercayaan, agama bahkan pendidikan, sebab nilai- nilai yang pernah terpatri dalam kehdipuan bangsa Indonesia saat ini sudah semakin luntur alis memprihatinkan.
Tujuan MGMP ini, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan Dikdas dalam bidang pemahaman, penguasaan, dan penerapan Pendidikan Karakter Bangsa dalam sebuah pengelolaan sekolah dan pembelajaran pada tataran satuan pendidikan melalui penyusunan silabus dan RPP yang mengintergrasikan nilai- nilai karakter bangsa serta kecakapan hidup.
“Saya harap para peserta bisa mengikuti kegiatan MGMP dengan baik untuk diamalkan secara optimal oleh seluruh peserta dalam menjalankan tugas sebagai tenaga pendidik di tempat mengabdi masing-masing,” harapnya. (pul)
×
Berita Terbaru Update