Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Setda Lakukan Finalisasi DPA Satker

31 Januari 2013 | Kamis, Januari 31, 2013 WIB Last Updated 2013-01-30T17:30:01Z

Bima, (SM).- Saat ini Sekretariat Daerah tengah menfinalisasikan Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) APBD tahun anggaran 2013 untuk masing-masing Satuan Kerja (Satker) jajaran Pemerintah Kabupaten Bima.   Demikian dikatakan Asisten II Setda Kabupaten Bima, H.M Taufik H.AK yang ditemui, Rabu kemarin.

Menurutnya, sejauh ini yang sudah selesai sekitar 80 persen, tinggal instansi yang kira-kira belum memberikan pelayanan yang urgen bagi masyarakat. Sedangkan, Satker yang sudah tuntas difinalisasikan DPA tahun anggaran 2013 yakni, diantaranya Dinas Kesehatan serta RSUD Bima. “Pokoknya instansi yang belanja rutin dengan memberikan pelayanan dasar kita prioritaskan,” katanya.
Menyinggung pelayanan di RSUD Bima yang sempat terhambat menyusul stok alat kesehatan habis pakai yang sudah habis, menurut dia, hanya terjadi miskomunikasi antara instansi terkait dengan pihak Sekretariat Daerah (Setda).
“Tapi semuanya sudah selesai. Jika ada koordinasi yang intens dari instansi terkait tidak akan ada halangan. Harusnya ada pro aktif dari instansi terkait, bukannya kita (Setda) yang pro aktif,” timpalnya.
Dijelaskannya, APBD tahun anggaran 2013 ini pada prinsipnya sudah bisa digunakan oleh masing-masing Satker, jika DPA sudah tuntas. Tetapi bukan berarti pelayanan maupun belanja rutin terabaikan lantaran DPA belum selesai.
“Pelayanan harus tetap dilakukan walaupun DPA belum selesai. APBD dijabatkan oleh DPA. Kalau DPA tidak beres, jangan harap program bisa terlaksana dengan baik. Karena titik tolak sekarang, harus terukur,” terangnya.
Pemerintah sekarang, lanjutnya, kuat berkeinginan penggunaan anggaran dilakukan secara tertib. Dalam arti, siapa yang mau belanja agar terlebih dahulu menyelesaikan DPA. “DPA selesai tinggal perangkat-perangkat adminitrasinya lagi, seperti PA, PPTK maupun bendaharanya,” tandas Taufik. (ima)
×
Berita Terbaru Update