Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tahun 2013, PNPM Generasi Cakup 8 Kecamatan

31 Januari 2013 | Kamis, Januari 31, 2013 WIB Last Updated 2013-01-30T17:30:01Z

Bima, (SM).- Workshop Koordinasi Kabupaten PNPM-MPd Generasi Sehat dan Cerdas Kabupaten Bima  dihelat Senin (28/1) di Hotel Parewa Bima berhasil merumuskan rencana tindak lanjut kegiatan yang akan dilaksanakan secara terkoordinasi demi pencapaian tujuan program tersebut.

Workshop yang menghadirkan narasumber Putarman SE (BPMDes), Iwan Susanto S.Sos, MPH (BAPPEDA),  Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bima dan Zainal Arifin (Fasilitator Kabupaten PNPM Generasi) ini diikuti 57 peserta dari UPTD Dikpora, UPTD Puskesmas, PJO Kecamatan, Fasilitator Kecamatan  dan wakil masyarakat.
Ketua Panitia Indra Nurjaya, SH  mengatakan, Workshop PNPM Generasi bertujuan untuk mensosialisasikan, menyamakan visi dan misi serta dalam upaya menjalin komunikasi dan koordinasi yang intens diantara para pelaku PNPM Generasi di wilayah Kabupaten Bima sehingga hasil yang dicapai dapat terwujud secara optimal.
”Secara khusus  penerima manfaat  kegiatan adalah anggota masyarakat penerima Bantuan Langsung Mandiri (BLM) yang mengutamakan Kelompok Rumah Tangga Miskin yang selama ini belum mendapatkan pelayanan kesehatan ibu, anak dan pendidikan dasar,” terangnya .
Di samping itu, workshop PNPM Generasi ini  membekali peserta dengan sejumlah materi mencakup penjelasan umum program PNPM Generasi, konsep pemberdayaan masyarakat, kebijakan umum legislatif Kabupaten Bima, kebijakan umum perencanaan pembangunan di Kabupaten Bima dan kebijakan umum  bidang pendidikan di Kabupaten Bima.
Kata dia, soal dana, untuk tahun 2013 komponen bantuan langsung pelayanan masyarakat (BLM DOK Pelmas) Rp 534 juta, Dana Operasional Kegiatan (DOK) perencanaan  Rp 307,5 juta dan BLM Kegiatan Rp  12 miliar. “Dana ini akan dikucurkan pada 90 desa di delapan kecamatan lokasi dampingan yaitu Kecamatan Wera, Ambalawi, Sape, Lambu, Belo, Monta, Donggo dan Kecamatan Sanggar,”. urainya.
Pemerintah Kabupaten Bima melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Abdul Wahab mengatakan, Workshop ini diharapkan dapat mendorong tercapainya kesamaan pemahaman tentang program serta visi dan misi PNPM MPd-Generasi. Diharapkan juga workshop ini akan menciptakan koordinasi yang lebih baik dalam pelaksanaan kegiatan masing-masing kabupaten dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan PNPM MPd-Generasi. 
Pada kesempatan tersebut Kepala PBMDes Kabupaten Bima Putarman, SE dalam paparannya mengungkapkan, isu actual pemberdayaan masyarakat dan desa adalah rendahnya kapasitas penyelenggaraan pemdes atau kelurahan dalam pelayanan publik.
Aspek lainnya, masih tingginya jumlah penduduk miskin terutama di perdesaan, belum optimalnya peranserta dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan, peran lembaga sosial ekonomi masyarakat  dalam mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat perdesaan masih rendah, kurangnya akses masyarakat  terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan dasar dalam meningkatkan kesejahteraannya .
Karena itu kata Putarman, pemberdayaan masyarakat harus mampu memberi ruang bagi masyarakat dalam bidang politik seperti akses dalam proses pengambilan kebijakan, akses sumber pendapatan untuk hidup layak dan akses terhadap pelayanan sosial-dasar seperti kesehatan, pendidikan dan bantuan sosial.
"Ini penting agar peningkatan kemampuan masyarakat dan sikap mental keterlibatan masyarakat dalam perubahan sistem, kebijakan, dan struktur pemberian tanggung jawab yang jelas,” ungkap mantan Kepala BPPKB ini. (sam)
×
Berita Terbaru Update