Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Santri Ponpes Syahibul Rasyad MTsN 1, Diwisuda

02 Januari 2013 | Rabu, Januari 02, 2013 WIB Last Updated 2013-01-01T17:30:01Z


Kota Bima, (SM).- Setelah didirikan lebih kurang tujuh bulan lalu, Pondok Pesantren (Ponpes) Syahibul Rasyad MTsN 1 Kota Bima akhirnya mewisuda santriwan dan santriwati, Ahad (30/12). Di angkatan pertama ini, Ponpes tersebut mewisuda 10 orang santriwan dan santriwati yang sudah menghafal juz ke-30.

Kepala Ponpes Syahibul Rasyad, Drs. M. Saleh mengatakan, Ponpes tersebut didirikan pada tanggal 16 Juni 2012 lalu, dengan jumlah santriwan dan santriwati awalnya sebanyak 16 orang. Setelah mulai aktif, santri makin bertambah menjadi 29 orang. “Saat ini yang masih aktif sebanyak 26 orang, tiga orangnya dalam keadaan sakit,” sebutnya.
Kata dia, kurikulum yang digunakan pada Ponpes yang dipimpinnya itu yakni kurikulum pondok. Seperti tahfiz atau menghafal Al-Quran, terutama juz ke-30. Kemudian materi tambahannya yakni Qira’at, bahasa Arab dan bahasa Inggris. “Untuk waktu pelajarannya selama 24 jam, kecuali di saat tidur. Alhamdulillah santri juga memiliki semangat belajar yang tinggi, kendati tidak diperintahkan untuk belajar, mereka tetap saja belajar,” katanya.
Ia melanjutkan, saat ini siswa yang sudah mampu menghafal juz ke 30 yakni sebanyak 10 orang. Sembilan orang santriwan dan satu orang santriwati. “Untuk itu maka kami merasa perlu mewisuda ke10 orang santri ini,” tandasnya.
Di tempat yang sama, Kepala MTsN 1 Kota Bima, Mansyur, S.Ag mengatakan, selama enam tahun memimpin MTsN 1 Kota Bima, siswanya rata-rata memiliki kemampuan secara akademik dan intelektualitas. Terbukti diberbagai lomba baik tingkat lokal, regional maupun nasional, acapkali siswa MTsN 1 mendominasi kemenangan. “Namun, prestasi itu masih kami rasakan kurang. Kami juga menginginkan siswa yang tak hanya mampu ditingkat akademik dan intelektualitas, tapi juga mampu menghafal Al-Quran. Kemudian mulailah kami bangun Ponpes Syahibul Rasyad,” ceritanya.
Dia mengaku, di Indonesia, hanya dua daerah yang baru mendirikan program Ponpes pada MTsN. Pertama MTsN 1 Kota Malang yang dibangun sejak dua tahun lalu, kemudian MTsN 1 Kota Bima. “Tetapi, meski MTsN 1 Kota tergolong baru, namun mampu menyelesaikan hafalan juz ke 30, dibandingkan MTsN 1 Kota Malang yang sudah dua tahun,” ungkapnya.
Ia menambahkan, dalam membesarkan Ponpes Syahibul Rasyad MTsN 1 Kota Bima, pihaknya memiliki komitmen untuk tidak mencetak Qori dan Qoriah, melainkan mencetak para ulama yang mampu menghafal Al-Quran. (BNQ)
Foto Bin: 10 orang santriwan dan santriwati angkatan pertama Pondok Pesantren (Ponpes) Syahibul Rasyad MTsN 1 Kota Bima di wisuda, Ahad (30/12). Santri yang di wisuda merupak santri sudah menghafal Zuz ke-30. Foto ada di email SM, Nama File: Wisuda Ponpes
×
Berita Terbaru Update