Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rumah Tangga Miskin Kota Bima Capai 16,193

15 Januari 2013 | Selasa, Januari 15, 2013 WIB Last Updated 2013-01-15T15:56:41Z


Kota Bima, (SM).- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011, jumlah rumah tangga miskin di Kota Bima mencapai 16,193. Angka tersebut berdasarkan proses pendataan langsung dilakukan petugas dari kategori warga yang 60 persen warga kategori miskin ke bawah. Mengenai tudingan BPS lakukan diskriminasi warga penerima Jamkesmas dinilai tidak benar.

Kepala Seksi  Sosial dan Kependudukan, BPS Kota Bima, Repta Warman, S.Sos ditemui dikantornya, Senin (14/1) menjelaskan berdasarkan pendataan dilakukan petugas BPS tahun 2011, jumlah Rumah Tangga (RT) Miskin Kota Bima mencapai jumlah 16. 193, sifat datanya bukan perjiwa tetapi jumlah 16.193 adalah jumlah berdasarkan Kepala Keluarga (KK) menurut istilah data Kependudukan Oleh Dinas Catatan Sipil.
Jelas, Repta, dalam data setiap RT miskin tersebut terkafer nama-nama satu keluarga setiap kepalanya. Mengenai kategori miskin berfariatif, contohnya tidak memiliki MCK, luas rumah, luas pekarangan, tidak memiliki lahan, pendapatan setiap hari. Masih bayak syarat-syaratnya.
untuk proses pendataan dilakukan tidak dilakukan sendiri oleh petugas BPS, namun melibatkan mitra kerja BPS, juga melibatkan petugas Kelurahan dan warga setiap Rukun Tetangga (RT). Dengan demikian data yang dihasilkan falid tidak ada terjadi diskriminasi seperti yang dikatakan selama ini.
Terkait peryataan Pemkot Bima, data BPS jadi acuan penerima Jamkesmas? Repta membantahnya, BPS hanya mendata dan mengirim data mentah pada Pemerintah Pusat, yang menentukan siapa yang diakomodir mendapatkan program Jamkesmas sepenuhnya Pemerintah Pusat.”Kita bukan penentunya kita hanya mendata,” ujar Repta.(dd)
×
Berita Terbaru Update