Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Puluhan Hektar Padi Terserang Hama

19 Januari 2013 | Sabtu, Januari 19, 2013 WIB Last Updated 2013-01-18T13:55:35Z
Dompu,  (SM).-  Intensitas hujan terutama pada malam hari mengakibatkan  puluhan hektar tanaman padi petani  So Langaja  Kelurahan Kandai  I  Kecamatan Dompu dan sekitarnya  terindikasi terserang hama.   Ujung daun padi berwarna putih,  bahkan  ada juga yang yang coklat kerdil.
Kondisi tanaman  yang demikian, membuat para petani merasa khawatir kerusakan itu akan bertambah parah, sehingga mereka mengalami gagal panen. Apalagi dari kondisi keterbatasan petani memahami jenis hama ini serta cara penanggulangannya.
Ajanis (56)  petani  So Langgaja, Kelurahan Kandai I   kepada media ini mengeluhkan munculnya hama yang menyerang tanaman mereka. Hama diperkirakan akibat seringnya hujan turun pada malam hari.  ‘’Pucuk daun padi kami berwarna putih dan rusak. Bahkan sebagian tanaman kerdil,’’terangnya.
Ia dan para  petani lainnya sangat berharap adanya perhatian pemerintah  khususnya dari Dinas Pertanian (Dispetan) agar  menurun bantuan obat – obatan sehingga para petani  dapat melakukan pemusnahan terhadap  hama dan penyakit yang menyerang tanaman yang menjadi tumpuan pendapatan para petani ini. ‘’Kami butuh bantuan obat – obatan dari pemerintah untuk membasmi hama dan penyakit  yang menyerang padi kami. Karena kalau dibiarkan, kami justru khawatir kerusakan tanaman ini akan bertambah parah,’’tegasnya.
Sementara Kadis Pertanian  yang hendak dikonfirmasi hingga berita ini di turunkan, belum berhasil ditemui. (dym)
×
Berita Terbaru Update