Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Poskesdes, Sarana Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa

23 Januari 2013 | Rabu, Januari 23, 2013 WIB Last Updated 2013-01-22T17:30:03Z


Bima, (SM).– Berbagai proyek pembangunan Sarana dan prasarana seperti pembangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Desa Nggembe Kecamatan Bolo ini adalah sebuah upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dalam rangka peningkatan kualitas masyarakat desa. Demikian dikatakan Asiten I Drs. H. Abdul Wahab yang mewakili Pemkab Bima dalam acara peresmian Poskesdes Desa Nggembe, Selasa (22/1).

Dikatakannya, pembangunan sarana dan prasarana di bidang kesehatan merupakan salah satu titik berat pembangunan Kabupaten Bima yang merupakan pilar penting pembangunan daerah.
Dijelaskannya, indikator keberhasilan pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Bima dapat dilihat dari meningkatkanya angka harapan hidup dari 60,90 tahun 2005 menjadi 67,43 tahun 2009 dan proyeksikan meningkat menjadi 68,77 pada tahun 2010 yang secara tidak langsung di bidang kesehatan akan dapat menyumbang secara signifikan pada peningkatan IPM.
Menurutnya, saat ini pembangunan di bidang kesehatan di Kabupaten Bima masih dihadapkan pada berbagai permasalahan, seperti masih belum idealnya ratio antara sarana dan prasarana kesehatan dengan jumlah penduduk dan ratio antara tenaga kesehatan dengan jumlah penduduk, rendahnya kesadaran masyarakat akan pola hidup yang bersih dan sehat, masih tingginya biaya kesehatan serta belum meratanya sebaran sarana dan prasarana kesehatan terutama di wilayah-wilayah terpencil.
“Agenda perioritas lain yang tertuang dalam RPJMD adalah peningkatan aksesibilitas masyarakat ke pusat-pusat pelayanan kesehatan,” katanya.
Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu peningkatkan peran Poskesdes agar dapat mendekatkan dan menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa sekaligus Poskesdes dapat diharapkan mempercepat terwujudnya masyarakat sehat yang siaga terhadap permasalahan kesehatan yang terjadi di wilayah desa dengan melaksanakan kegiatan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan kesehatan serta pelayanan medis sesuai dengan kompotensi yang ada.
“Atas dukungan Kedubes Jepang di Indonesia, kami sampaikan terima kasih. Dukungan ini diharapkan juga bukan hanya untuk Desa Nggembe, tapi untuk desa dan kecamatan lainnya di wilayah Kabupaten Bima,” harapnya. (pul)
×
Berita Terbaru Update