Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kartu Jamkesmas Baru Berlaku Mulai 1 Maret

05 Januari 2013 | Sabtu, Januari 05, 2013 WIB Last Updated 2013-01-05T01:39:55Z

Bima, (SM).- Masyarakat miskin di Kabupaten Bima maupun Kota Bima untuk sementara ini belum bisa menikmati layanan kesehatan gratis di RSUD Bima. Pasalnya, kartu Jamkesmas baru mulai berlaku per 1 Maret 2013.

Meski demikian, pemerintah telah mendrop kartu Jamkesmas model baru tersebut pada masyarakat penerima. Sayangnya, pihak RSUD Bima belum bisa melayani dengan alasan belum ada petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat.
“Pada prinsipnya, kita siap melayani semua pasien, baik pasien umum maupun pasien yang memiliki kartu Jamkesmas. Hanya saja, untuk pasien pemilik kartu Jamkesmas yang baru, kami belum bisa layani,” tegas Direktur RSUD Bima, H.M.Ali, Jumat kemarin.
Ia memastikan, pihaknya tetap akan melayani setiap pasien pemilik kartu Jamkesmas terbitan yang lama. “Untuk pemilik kartu Jamkesmas yang baru, saat ini kami belum bisa layani. Karena belum ada surat resmi dari Kementerian Kesehatan,” jelasnya.
Sepanjang pihak RSUD Bima belum menerima surat pemberitahuan resmi dari Kementerian Kesehatan, pihaknya tidak bisa melayani pasien pemilik kartu Jamkesmas baru. “Kalau kita layani, tapi tidak diakui. Siapa yang bayar nantinya,” cetus dr Ali.
Sebagai solusi, pihaknya tetap memberikan pelayanan gratis bagi pasien miskin pemilik kartu Jamkesmas yang lama. “Bagi pasien kartu Jamkesmas lama, tetap kita layani seperti biasa. Untuk pasien kartu Jamkesmas baru, kami masih koordinasi,” ucapnya.
Kasi Bina Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Suhaimin, yang ditemui membenarkan jika kartu Jamkesmas baru hingga saat ini belum bisa digunakan di RSUD Bima karena belum ada instruksi Pemerintah Pusat.
Pihaknya sudah koordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait penggunaan kartu Jamkesmas yang baru dimaksud. “Kami peroleh informasi, kartu Jamkesmas baru mulai diberlakukan per 1 Maret 2013 ini,” terangnya.
Sebelum kartu Jamkesmas baru mulai berlaku, harapnya, bagi pasien miskin agar menggunakan kartu Jamkesmas lama. “Kartu Jamkesmas lama sampai saat ini masih dipergunakan sampai pemberlakuan kartu baru,” paparnya. (ima)
×
Berita Terbaru Update