Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jelang Pemeriksaan BPK, SKPD Dievaluasi

18 Januari 2013 | Jumat, Januari 18, 2013 WIB Last Updated 2013-01-18T13:59:40Z
Bima, (SM).- Menjelang Pemeriksaan Keuangan oleh Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) terhadap kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Bima tahun anggaran 2012 pada akhir Januari mendatang, Plt Bupati Bima Drs. H.Syafrudin H.M.Nur, M.Pd memimpin rapat evaluasi persiapan menghadapi agenda dimaksud.
Evaluasi yang digelar Kamis (18/1) di  aula kantor Bupati Bima, yang menghadirkan seluruh Kepala SKPD, Kepala Bagian lingkup Setda dan para bendahara masing – masing SKPD, Plt Bupati mengawalinya dengan melakukan pengecekan satu-persatu kehadiran para Kepala SKPD dan bendahara.
“Bagi Kepala SKPD yang bendaharanya belum hadir, silahkan dijemput," kata H. Syafru (sapaannya) mengawali jalannya evaluasi. Soal rencana pemeriksaan tersebut, H.Syafru menginstruksikan agar para bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan memperhatikan administrasi pelaporan.
Bendahara pengeluaran agar menyiapkan dokumen-dokumen mencakup buku register SPP/SPM/SPJ/SP2D, buku kas, pajak, buku bank, bukti penyetoran, register SPP, SMP. SP2D periode tahun 2012.
Dokumen lain yang perlu bendahara siapkan mencakup, dokumen SPJ kegiatan, kontrak dan dokumen pendukung oleh masing-masing PPTK. Sementara untuk bendahara penerimaan diminta untuk mempersiapkan Buku Kas Umum, tanda setoran bank dan laporan SPJ pendapatan baik fungsional maupun struktural. Sedangkan mengenai bahan laporan keuangan, "masing-masing SKPD teknis segera menyiapkan laporan persediaan barang, piutang pajak, piutang pemakaian kekayaan daerah, dana bergulir, aset yang yang dihibahkan kepada masyarakat, aset yang diserahkan oleh pemerintah dan sejumlah materi laporan pendukung lainnya," tegas Plt Bupati.
Kepada pimpinan SKPD, H.Syafru berharap, agar menggunakan anggaran di masing – masing DPA SKPD secara cermat dan dapat dipertanggungjawabkan. Disamping dapat memantau kegiatan yang dilakukan para bendahara. Begitupula kepada para bendahara di masing–masing SKPD agar dapat menyelesaikan semua administrasi terkait dengan SPJ.
Menghadapi sejumlah agenda pemerintah daerah, pada tahun 2013 kepada seluruh kepala SKPD kiranya dapat bekerja ekstra dengan sejumlah program dan kegiatan yang telah dicanangkan agar ke depan dapat keluar dari predikat disclaimer. (ris)
×
Berita Terbaru Update