Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Guru SMK se- Kabupaten Bima Ikut MGMP PAI

02 Januari 2013 | Rabu, Januari 02, 2013 WIB Last Updated 2013-01-01T17:31:00Z


Bima, (SM).– Sejumlah tenaga pendidik tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- Kabupaten Bima pada akhir tahun 2012 kemarin mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) selama dua hari yang dimulai 30-31 Desember 2012 yang dipusatkan di SMKN 5 Rora, Kecamatan Donggo.

Dalam kegiatan itu, panitia menghadirkan sejumlah narasumber dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima selaku pengarah, Kepala Kementrian Agama (Kemenaga) Kabupaten Bima selaku pengarah, Kasi Mapenda Kemenag Kabupaten Bima, tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru (PAKJFG), Pengawas Pendidikan Dikpora, Pokja Pengawas Kemenag dan Ketua MKKS Dikpora.
Dalam laporannya, Ketua Panitia MGMP PAI SMK, Drs. H. Abdul Majid, M.Pd dalam laporannya mengatakan, latar belakang MGMP PAI dilakukan pada seluruh tenaga pendidik SMK se-Kabupaten Bima karena PAI memiliki nilai yang lebih dalam penanaman nilai- nilai dan karakter terhadap peserta didik karena PAI merupakan ujung tombak dari pembangunan karakter peserta didik dan hal ini berkaitan dengan karateristik PAI yang mengedepankan pencapaian efektif atau sikap yang terlihat dari perilaku peserta didik.
Hal tersebut selaras dengan Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa tujuan pendidikan agama Islam adalah menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya pada Allah SWT serta mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berahlak mulia demi mencapai peningkatan mutu pendidikan agama Islam di sekolah.
Menurutnya, tujuan yang diharapkan dalam kegiatan MGMP PAI ini, meningkatkan mutu pengawas dan guru PAI serta pembinaan PAI di sekolah agar terjadi peningkatan mutu pembelajaran PAI sesuai standar pelayan pendidikan, membantu pelaksanaan peningkatan kualitas guru serta mengembangkan budaya agamais (religious culture) pada sekolah SMK se- Kabupaten Bima, meningkatkan kualitas pendidik dan kependidikan untuk mewujudkan guru PAI yang berkompoten di sekolah, supaya adanya kesepahaman dari para guru SMP/MTs pada lingkup sub rayon 09 tentang cara penyusunan perangkat pembelajaran.
Sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatnya kompetensi guru PAI SMK, meningkatnya kreativitas dan inovasi guru PAI dalam peningkatan mutu PAI di sekolah, tumbuhnya budaya agamais serta mampu menghasilkan perangkat untuk dijadikan pedoman bagi guru mata pelajaran PAI dalam kegiatan KBM di sekolah SMK se- Kabupaten Bima. (pul)
×
Berita Terbaru Update