Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dewan Ingatkan Dikpora Bahas Program Dana DAK

04 Januari 2013 | Jumat, Januari 04, 2013 WIB Last Updated 2013-01-04T02:21:42Z

Bima, (SM).- Rencana anggaran yang termaktub pada Dinas Dikpora Kabupaten Bima, khususnya Dana Alokasi Khusus (DAK) yang akan direalisasikan pada tahun ini, masih gelondongan alias masih berupa rencana anggaran global. Karenanya diminta pada Dikpora untuk membahas kembali dengan Badan Anggaran (Banggar) legislatif dalam menjalankan rencana program yang menggunakan anggaran yang bersumber dari DAK.

Peringatan yang beraroma special bagi Dikpora tersebut, dilontarkan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bima, Sukrin HT M.Si, Kamis (3/01) di ruang kerjanya, agar semua regulasi penganggaran dan pertanggungjawaban serta perencanaan yang terstruktur dan termekanisme, dapat dilalui dengan baik. Sehingga dikemudian hari tidak ada penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangan. Sebabnya, tanpa ada rincian realisasi kegiatan yang disetujui dan disepakati secara bersama antara eksekutif (Dikpora) dengan legislatif (Banggar), menyangkut program kegiatan menggunakan DAK, tentu menjadi sebuah pelanggaran.
Apa yang disetujui, baik pada rapat Banggar maupun pada paripurna APBD 2013, jelasnya, khusus anggaran DAK Dikpora, masih bersifat umum dan belum terinci secara spesifik per item per mata anggaran.
“Saat itu baru disepakati secara gelondongan dan memerlukan pembicaraan lebih lanjut untuk menyepakati secara rinci. Misalnya, pada usulan awal Dikpora, merencanakan pembangunan Kantor Rp 1 Milyiar. Usulan itu hingga kini masih diperdebatkan. Jadi perlu dibicarakan lebih lanjut”, terangnya.
Untuk membahas lebih jauh rencana penggunaan anggaran DAK dimaksud, kata Sukri, Dikpora harus menyerahkan terlebih dahulu Juklak dan Juknis yang menyertai penggunaan DAK oleh pemberi dana (Kementerian). “Sengaja saya ingatkan Dikpora agar tidak kelewat mendahului kesepakatan awal dalam merealisasikan penganggaran DAK,“ ujar Sukri sembari mengumpamakan sedia payung sebelum hujan. (ris)
×
Berita Terbaru Update