Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dam Rababou Sape Amblas Dihantam Banjir

04 Januari 2013 | Jumat, Januari 04, 2013 WIB Last Updated 2013-01-04T02:17:20Z

Bima, (SM).- Dam Rababou yang terletak di wilayah Desa Rasabou Kecamatan Sape yang baru dibangun Desember 2012 lalu dari anggaran APBD, kini sudah rusak akibat dihantam banjir.  Diduga, pembangunan dam yang menelan anggaran ratusan juta rupiah tersebut hanya menghabiskan anggaran negara saja, tapi tidak bermanfaatkan untuk masyarakat karena proses campurannya tidak sesuai bestek.

Kepala Desa Rasabou, Arifin mengharapkan pada pemerintah untuk membangun kembali Dam Rababou yang rusak akibat bencana banjir, Desember 2012. Dam Rababou ini dapat mengairi lahan 261 hektar, 78 hektar wilayah Desa Nae dan 183 hektar untuk wilayah Desa Rasabou. “Kalau dam ini tidak diperbaiki kembali, 261 hektar lahan di dua wilayah terpaksa menggunakan air bor untuk memenuhi kebutuhan pertanian,” kata Arifin.
Yang membuat pihaknya senang, menurut Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Bima Sulhan, kerusakan dam akibat bencana banjir tersebut masih tanggungjawab kontraktor. ”Jadi tetap akan diperbaiki, dan tidak usah khawatir,” kata Arifin mengutip pernyataan Kepala BPBD saat berkunjung di Sape.
Kata Arifin, jika dam ini dapat berfungsi dengan sendirinya dapat meningkatkan taraf hidup para petani, apalagi masyarakat Sape mayoritas petani. (war)
×
Berita Terbaru Update