Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

54 Panwascam Kabupaten Bima Dilantik

31 Januari 2013 | Kamis, Januari 31, 2013 WIB Last Updated 2013-01-30T17:31:01Z

Bima, (SM).- Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah, Gubernur, Legislatif dan Presiden, sebanyak 54 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Bima, Rabu (30/1) dilantik dan diambil sumpah sebagi tanda bahwa syahnya menjadi bagian dari lembaga independen pengawas pemilu di tingkat kecamatan. Pelantikan dan pengambilan sumpah puluhan Panwascam oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Bima, Karman, SH yang bertempat di Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK3) Kota Bima.

Pelantikan puluhan Panwaslu yang bertugas di kecamatan se wilayah Kabupaten Bima tersebut, dihadiri Asisten I Setda,Drs Abdul Wahab SH mewakili Bupati Bima, sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, dan wakil komisoner Bawaslu Propinsi NTB.
Ketua Panwaslu Kabupaten Bima, Karman, SH dalam sambutannya usai melantik dan mengambil sumpah 54 anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Bima, mengungkapkan, pelantikan dan pengukuhan anggota Panwaslu Kecamatan, sedikit bergeser dari ketentuan undang-undang yang mengamanatkan pembentukan Panwaslu sebulan sebelum tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai. “Kendati demikian, atas nama tanggungjawab penegakkan demokrasi, Panwaslu Kabupaten Bima dan perangkat kecamatan yang dikukuhkan hari ini (kemarin), akan menjalani tugas dan pengabdiannya dengan baik, guna terwujudnya pemilu yang Luber dan Jurdil,” jelasnya.
Pelantikan Panwaslu Kecamatan merupakan legalitas pengawasan Pemilu yang memiliki peran strategis dalam melakukan pengawasan tahapan-tahapan Pemilu, agar berjalan sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku. Panwas yang dilantik telah dinanti oleh tugas yang amat berat, yakni melakukan pengawasan verifikasi calon perseorangan pada pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta pemuktahiran data pemilih yang tak lama lagi akan dirampungkan oleh jajaran KPU Kabupaten Bima ke dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS).
“Kami berpesan kepada anggota Panwaslu sebagai organ pengawal jalannya pesta demokrasi, agar memiliki integritas pribadi yang handal dan memiliki komitmen moral yang tangguh dalam melaksanakan tugas, serta mampu membangun koordinasi yang sinergisitas dengan lembaga lain,” harapnya.
Kepada Pemerintah Kabupaten Bima, Ketua Panwas menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mendukung kegiatan Panwas. Namun satu harapannya, agar pemerintah menyiapkan anggaran untuk Panwas pada APBDP 2013. Sebab, untuk menunjang dan memperlancar aktifitas pengawasan, pemerintah dapat mengalokasikan anggaran pada APBDP tahun 2013 untuk panwaslu Kabupaten Bima secara dini dan mencukupi kebutuhan yang dianggarkan dalam pelaksanaan pengawasan.
Sementara itu, Asisten I Drs.Abdul Wahab, SH yang mewakili Bupati Bima, dalam sambutan singkatnya menyampaikan, semoga dengan pelantikan panwas kecamatan, pelaksanaan pesta demokrasi nantinya dapat berjalan sukses sesuai harapan bersama. “Semoga panwas yang dilantik hari ini bisa menjalankan tugasnya secara obyektif, sehingga terciptanya demokrasi dalam pemilu nanti,” harapnya. (ris)
×
Berita Terbaru Update