Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

MAN 3 Bima Gelar Workshop Jurnalistik Siswa

18 Desember 2012 | Selasa, Desember 18, 2012 WIB Last Updated 2012-12-18T14:20:29Z


Bima, (SM).- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bima, meggelar Workshop Jurnalistik dan Karya Ilmiah Remaja yang diikuti sekitar 20 orang siswa  sekolah setempat, Senin (17/12) di aula MAN 3 Bima.
Dalam kegiatan tersebut, pihak sekolah menghadirkan salah seorang wartawan Harian Umum Suara Mandiri, Syaiful, SH sebagai nara sumber untuk menyampaikan materi tentang Tehnik Wawancara.           

Ketua Panitia Pelaksanaan Workshop Jurnalistik dan Karya Ilmiah remaja MAN 3 Bima, Marwan S. Ag mengatakan, kegiatan tersebut menjadi agenda rutin. Workshop Jurnalistik terhadap siswa, untuk memberikan pemahaman dan ilmu pengetahuan terhadap sejumlah generasi bangsa, terkait tehnis dan tugas seorang jurnalis.
“Kami ingin seluruh siswa di sekolah ini, memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan dasar dunia Jurnalistik yang nantinya bisa dijadikan acuan bagi seluruh siswa yang ketika melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi (PT) maupun menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan sehari- hari,” urainya.
Sementara itu, narasumber yang memberikan materi tehnik wawancara yang dihadirkan mengatakan, detang jantung seorang Wartawan terletak pada sumber berita dan keberhasilan seorang wartawan dalam mengorek atau menggali informasi dari nara sumber berita karena wawancara adalah suatu proses yang mengharuskan penafsiran dan penyesuaian yang terus menerus dengan tujuan untuk mencari sebuah fakta dengan meminjam indera, mengingat dan merekonstruksi sebuah peristiwa, mengutip pendapat dan opini narasumber dengan satu kata kunci tehnik wawancara yang baik adalah seseorang Wartawan berupaya semaksimal mungkin.
“Wawancara adalah salah satu dari empat tehnik bagi seorang wartawan dalam mengumpulkan informasi. Sedangkan tiga lainnya, observasi langsung maupun tidak langsung, pencarian melalui cacatan public dan partisipasi dalam sebuah peristiwa dan hal tersebut sebagaimana yang dikatakan oleh seorang wartawan dari Seattle Times Mike Fancher seperti yang ditulis dalam buku Jurnalistik Terori dan Praktek oleh Prof. Dr. Muhammad Budyatna M.A,”tuturnya. (tim)
×
Berita Terbaru Update