Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

16 Partai Lolos Verifikasi Faktual KPU

20 Desember 2012 | Kamis, Desember 20, 2012 WIB Last Updated 2012-12-20T14:07:21Z

Kota Bima, (SM).- Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima yang digelar di Aula SMK 3 Kota Bima, Rabu (19/12) terkait penyusunan berita acara hasil verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu tahun 2014 tingkat Kota Bima, 16 Partai Politik dinyatakan lolos verifikasi faktual.
Lolosnya keenam belas partai politik tersebut sebagai peserta pemilu tahun 2014, setelah Ketua KPU Kota Bima, Dra Nurfarhaty, M.Si membacakan hasil verifikasi faktual masing-masing partai tersebut baik kepengurusannya, sekretariatnya, penyebaran populasi dan sample yang diambil pada tahap pertama dan kedua verifikasi sehingga partai-partai tersebut dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai calon peserta pemilu tahun 2014 mendatang.   

Pantauan Suara Mandiri, satu persatu Ketua KPU Kota Bima membacakan secara detail hasil verifikasi faktual yang dilakukan pihaknya baik pada tahan pertama maupun tahap kedua. Pada tahap pertama verifikasi seperti yang dikatakan Nurfarhaty, ada sejumlah partai politik yang kepengurusannya tidak sesuai seperti ketua, sekretaris dan bendahara, namun pada verifikasi tahap kedua kepengurusannya sudah sesuai begitu juga dengan jumlah populasi juga kesesuaian sampel dengan hasil verifikasi bahkan prosentase keterwakilan perempuan dalam kepengurusannya, sehingga keenam belas paratai politik tersebut dinyatakan memenuhi syarat dan lolos verifikasi faktual.
Sebagaimana hasil yang dibacakan Ketua KPU, lima belas partai politik telah memenuhi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan, hanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tidak memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan. PPP hanya mampu memenuhi 19 persen keterwakilan perempuan.  Hal itu juga yang menjadi sorotan dari pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Bambang  yang menyimpulkan bahwa 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai bukanlah suatu hal yang wajib.
“Terkait PPP, pengurusnya telah menyampaikan surat yang menyatakan ketidaksanggupannya untuk memenuhi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusannya. Tetapi PPP tetap dinyatakan lolos verifikasi faktual sebagaimana aturan yang ditetapkan KPU,” jelas Nurfarhaty didampingi empat anggota KPU lainnya.
16 partai politik yang lolos verifikasi faktual oleh KPU yakni PAN, PBB, PDIP, PDP, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura dan PKPI. Selain itu PKS, PKBIB, Nasdem, PPNK, PPN dan PPP juga dinyatakan lolos.  
Usai Ketua KPU mengetuk palu pada rapat pleno tersebut, semua pengurus partai politik menandatangani berita acara hasil verifikasi faktual partai politik sebagai calon peserta Pemilu tahun 2014.
Kegiatan tersebut dihadiri Asisten I Setda Kota Bima, H Syahrullah, SH, MH, Kasat Reskrim Polres Bima Kota, Dandim 1806, Anggota Panwaslu Kota Bima, Asmah, S.Sos, sejumlah pengurus partai politik, insan pers dan sejumlah undangan lainnya.
Sementara Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Taufik H. A Karim, SH yang dihubungi suara mandiri mengakui memang kepengurusan partai yang dipimpinnya prosentase keterwakilan perempuan hanya 19 persen namun dirinya membantah jika partainya dikatakan tidak memberikan kesempatan kepada kaum hawa untuk duduk dalam kepengurusan partai berlambang ka’bah tersebut. Hanya saja, kata dia, dalam memilih siapa yang akan duduk dalam partai tidak seperti membalikan telapak tangan tentu kita harus memilih yang benar-benar kader dan memiliki kapasitas dan kapabilitas.
“Kalau sekedar memenuhi 30 persen sih gampang saja, asal comot saja bisa saja kok, tapi kita tidak mau seperti itu. Yang terpenting PPP lolos dalam verifikasi faktual dan ada keterwakilan perempuannya,” ungkap anggota DPRD Kota Bima ini santai. (dil)

×
Berita Terbaru Update