Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sekda H. Masykur: Kades dan Sekdes Harus Bersinergi

27 November 2012 | Selasa, November 27, 2012 WIB Last Updated 2012-11-27T06:18:47Z
Sekda Kabupaten Bima, Drs H. Masykur

Bima, (SM).- Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Sekda Kabipaten Bima, Drs. H. Masykur HMS dalam arahan di hadapan 159 Sekdes se Kabupaten Bima mengatakan, di dalam suatu organisasi, seorang Kepala Desa (Kades) tidak mungkin dapat melakukan tugasnya dengan baik tanpa adanya bantuan dari Sekretaris Desa (Sekdes). Artinya, kedua pihak harus bersinergi dalam melayani kepentingan masyarakat.

Pernyataan tersebut disampikannya saat membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Sekretaris Desa Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Senin (26/11) di Aula SMKN 2 Kota Bima. Saat itu, Sekda didampingi Asisten Administrasi Umum Setda H. Makruf SE, dan Kepala BKD Tajudin, SH.
Sekda mengharapkan agar Kades dan Sekdes dapat berjalan bersama-sama, jangan bekerja melihat sisi pribadi, melainkan organisasi.
"Peran Sekdes sekarang ini tidak seperti yang dulu lagi, dikarenakan adanya aturan-aturan baru yang menjadi landasan karena etika dan tata krama mengikatnya sebagai PNS”, ungkapnya.
Untuk dapat menjalankan fungsi secara optimal dan berhasil guna, H. Masykur menegaskan, seorang Sekdes harus bersikap arif, mengedepankan rasionalitas, menghadapi riak-riak dan dinamika yang terjadi dalam masyarakat secara dewasa dan tidak terjebak kepentingan kelompok tertentu yang pada akhirnya dapat meruntuhkan kepercayaan masyarakat terhadap aparatur pemerintah.
“Berkaitan optimalisasi penyelenggaraan urusan pemerintahan desa, Sekdes juga sebagai ujung tombak pemerintah daerah, harus didukung oleh kemampuan memadai dalam memberikan layanan, baik layanan yang sifatnya internal antar organisasi pemerintahan, maupun yang terkait dengan pelayanan kepada masyarakat luas,” kata Masykur.
Sementara Kepala Bidang Kediklatan BKD, Dra. Enny Rochayati selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta Bimtek ini diikuti 159 orang dari 191 desa di Kabupaten Bima, sementara 32 desa masih lowong.
Tujuan Bimtek, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap Sekdes, meningkatkan kualitas pemahaman dan wawasam serta menciptakan semangat pengabdian yang yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. (edo)
×
Berita Terbaru Update