Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pajak Jalan Tetap Dibayar, Lampu Masih Padam

26 September 2012 | Rabu, September 26, 2012 WIB Last Updated 2012-09-26T05:02:40Z
Bima, (SM).- Penarikan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Kecamatan Sape setiap bulannya tetap berjalan, sementara lampu penerangan jalan di sepanjang jalan dalam keadaan padam alias tidak menyala. Padahal maksud penarikan pajak penerangan jalan sebesar sepuluh persen dari pemakaian para pelanggan, untuk membayar penerangan lampu jalan khususnya di wilayah Kecamatan Sape.
Agus Purnawan, S.Pi mempertanyakan uang pajak penerangan jalan yang ditarik PLN sebesar sepuluh persen dari pemakaian. Kata dia, Pajak PPJ yang ditarik tersebut rata-rata lebih kurang Rp 10 juta per bulan, kalau ditotalkan  dalam setahun angkanya mencapai  seratus juta lebih. “Pertanyaan kami, kemana uang rakyat tersebut, sementara lampu jalan di Sape banyak yang padam”, tanyanya.
Menurut Purnama, maraknya pencurian dan seringnya terjadi kecelakaan pada malam hari akibat lampu jalan padam, kalau saja lampu penerangan jalan tetap menyala paling tidak mengurangi angka kejahatan dan mengurangi kecelakaan di wilayah Sape. “Kami mengharapkan pada pemerintah dapat meninjau kembali penerangan lampu jalan di Sape dan Lambu”, pintanya.
PLt Camat Sape, H.Ma’ruf SE melalui Sekcam Kamarudin S.Sos yang diminta tanggapannya mengatakan, bahwa yang mengetahui persis tentang masalah penerangan jalan (lampu jalan ) ada pada bagian umum Setda Bima. Memang selama ini masayarakat selalu mempertanyakan pada pihaknya soal lampu jalan, tapi yang mempunyai kewenangan adalah  pemerintah daerah. “Pemerintah Kecamatan tidak memahami tentang lampu jalan”, tegasnya.
Masih menurut kamarudin, penerangan jalan memang penting sekali terutama pada jalan-jalan yang strategis seperti perempatan Desa Bugis dan di sekitar Masjid Raya Sape dan di depan Puskesmas Plus Sape merupakan daerah rawan terjadinya kecelakaan, bahkan banyak korban jiwa. Sebab, rata-rata anak muda pengedara roda dua banyak yang tidak mempunyai lampu, sehingga jangan heran terjadi kecelakaan dan merenggut nyawa.
“Di samping itu padamnya lampu banyak terjadinya kejahatan, kalau ada penerangan jalan tentu dapat mengurangi kejahatan”, tandasnya. (SM.13)   
×
Berita Terbaru Update