Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ketua baru Niat Rubah Status STKIP Bima

26 September 2012 | Rabu, September 26, 2012 WIB Last Updated 2012-09-26T05:03:43Z
Kota Bima, (SM).- Rapat senat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima dalam rangka pemilihan ketua sekolah tinggi setempat yang dihelat Ahad siang (23/9) lalu, berakhir dengan terpilihnya Drs. Mustamin, MSc sebagai ketua STKIP Bima periode 2012-2016.
Dalam rapat senat itu, Mustamin yang bertarung duet di putaran kedua dengan Nehru, M.Pd mengantongi 21 suara dari 27 anggota senat yang memberikan hak suara. Sementara Nehru hanya memperoleh 3 suara. Pada moment pemilihan ketua itu, juga ada anggota senat yang memilih abstain sebanyak 3 suara. Sementara pada putaran pertama, muncul lima kandidat masing-masing Dr. Amran Amir, Drs. Jasman, M.Pd, Drs. Nehru, M.Pd, Drs. Muhammad, M.Pd dan Drs. Mustamin M.Sc.
Mustamin yang dikonfirmasi Koran ini terkait rancangan membangun STKIP Bima kedepan, mengungkapkan, dari sector internal STKIP Bima mendapat kepercayaan yang sangat luar biasa dari masyarakat. Animo masyarakat yang sangat tinggi, katanya, dilihat dengan banyaknya calon mahasiswa baru yang ingin mengikuti pendidikan di sekolahg tinggi setempat.
“STKIP Bima juga mampu menghasilkan lulusan dengan jumlah yang sangat besar. Ditinjau dari segi kuatintas, baik dari segi input maupun output, pondasi STKIP Bima sudah sangat kuat. Namun demikian, masalah yang menjadi atensi kita, masalah kualitas yaitu kualitas input dan output. Sebagai LPTK, STKIP Bima harus mampu menyiapkan dan mengembangkan tenaga pendidik yang professional,” terangnya.
Dikatakan Mustamin, dalam penyelenggaraan pendidikan di masa mendatang, pihaknya dihadapkan berbagai masalah dan tantangan sekaligus peluang serta kompetisi antar perguruan tinggi dalam mengembangkan sumber daya manusia. Untuk hajat ini, diperlukan orang yang memiliki kemampuan potensi, kreatifitas, ketekunan, kesabaran dan keikhlasan dalam bertindak serta memiliki akses jaringan yang luas untuk merebut peluang.
Visi Mustamin membangun STKIP Bima, meningkatkan perluasan layanan melalui peningkatan status dsekolah dari STKIP menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bima. Untuk menunjang peningkatan status sekolah tinggi tersebut, Mustamin akan sesegera mungkin menjemput dua Program Studi (Prodi) baru yakni Kimia dan Fisika. “Saat ini perijinannya tengah diproses dan tak lama lagi akan segera terbit,” aku Mustamin.
Selain itu, Mustamin juga berencana membuka studi bagi Strata dua (S2) Prodi Ekonomi yang proses perijinannya juga tengah diurus. Untuk hajat dimaksud, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan mengembangkan program dan relevansi layanan pendidikan sebagai upaya pencapaian kualitas pendidikan yang bersifat nasional dan internasional.
“Untuk peningkatannya, akan diberikan kesempatan bagi staf pengajar S1 melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3. Kami juga akan memberdayakan alumni yang memiliki kemampuan profesiaonal dan mampu menerapkan IPTEK menjadi staf pengajar di STKIP Bima,” jelasnya.
Strategis pengembangan STKIP Bima kedepan, tambahnya, menghadsilkan lulusan yang mampu bersaing secara nasional dengan memberikan prioritas tertinggi pada kualitas pembelajaran, menghasilkan peneliti yang berkualitas dengan meningkatkan alokasi sumber daya yang memadai, melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan menjaga dan mengembangkan jejaring dengan lembvaga pendidikan, pemerintah dan institusi lainnya yang relevan.
Sementara Ketua Yayasan IKIP Bima, Taufikurrahman, S.Sos, M.Si yang dikonfirmasi Koran ini mengatakan, terpilihnya ketua baru di STKIP Bima, tentu akan member warna baru bagi pengembangan lembaga pendidikan setempat. Pihaknya merespon baik niat ketua terpilih yang akan meningkatkan status STKIP Bima menjadi IKIP Bima.
Untuk mencapai cita-cita tersebut, kata lulusan terbaik Lembaga Administrasi Negara (LAN) itu, perlu ada kerja sama yang baik dari anggota senat yang ada. “Sangatlah percuma rancangan program yang didesain dengan bagus kalau tidak didukung oleh komponen yang ada dalam lembaga pendidikan itu sendiri,” ucapnya.
Sebagai ketua baru di STKIP Bima, Taufik mengharapkan pada Mustamin untuk banyak menimba pengalaman dari ketua sebelumnya. Karena bagaimanapun., program yang ditancapkan oleh Drs. H. Darwis M.Si, merupakan program-program strategis untuk pengembangan STKIP Bima. “Mustamin sebagai ketua baru harus banyak ‘berguru’ pada H.Darwi yang telah banyak pengalaman dalam mengembangkan pendidikan tinggi,” tandasnya. (SM.01)
×
Berita Terbaru Update