Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penyakit Malaria di PKM Lambu Menurun

06 Juni 2012 | Rabu, Juni 06, 2012 WIB Last Updated 2012-06-06T08:03:08Z

Bima, (SM).- Penyakit malaria yang menjadi momok bagi masayarakat terutama di daerah endemis, biasanya mulai bulan Januari cukup banyak, namun di tahun 2012 ini mulai dari bulan Januari sampai Mei menurun drastis. Terbukti sejak bulan Januari hanya 18 orang berobat di Puskesmas Lambu dari 12 desa se Kecamatan Lambu, bulan Februari hanya 12 orang, bulan Maret 8 orang, April 7 orang dan bulan Mei hanya 5 orang.        

Kepala Puskesamas Lambu, dr Rohana Kandati yang ditemui di ruang kerjannya, Selasa kemarin mengatakan, untuk mengatasi penyakit malaria pihaknya terus melakukan  sosialisasi terutama di daerah endemis, seperti desa Nggelu, terutama di Kampung Baku dan desa-desa lain yang dianggap rawan terkena malaria. Pihaknyapun terus menghimbau pada masyarakat agar menggunakan pola hidup sehat. Karena mengobati lebih baik mengantisipasi sebelum kena penyakit. 
“Guna antisipasi hal itu, kami juga membagikan kelambu secara gratis dan memberikan obat terbaru seperti ARSUAMON agar terhindari dari nyamuk malaria”, akunya.
Di samping itu, kata Rohana, pihaknya juga mengusulkan pada pemerintah agar daerah yang anggap rawan malaria dapat dilakukan voging (penyemprotan). Sehingga pada tahun 2011 penyakit malaria mulai menurun. “Tahun  2012  sejak Januari hingga Mei hanya 18 kasus”, urainya.
Sedangkan untuk penyakit flu burung di Kecamatan Lambu hanya terjadi pada unggas saja. Namun pihaknya tetap waspada dengan turun ke lapangan guna melakukan pengobatan agar terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut.
Masih menurut dr Rohana, ada juga penderita gangguan jiwa yang selama ini dipasung di rumahnya sebanyak 4 orang. Keempat orang tersebut sudah dikirim ke Mataram untuk berobat yang dibiayai oleh pemerintah. Dari 4 orang tersebut satu orang sudah sembuh dan sudah kembali di kampung halamannya. Kini dia sudah hidup normal seperti biasa. “Tinggal 3 orang lagi yang berobat, mudah-mudahan bisa sembuh juga”, harapnya.
Kepala PKM Lambu mengharapkan pada masyarakat, apabila ada warga yang sakit agar segera melapor dan berobat di PKM. Jangan percaya berobat pada tempat lain, sebab pihaknya hadir untuk masyarakat yang siap memberikan pelayanan satu kali 24 jam. “Kami selalu siap melayani masyarakat kapanpun”, tegasnya. (SM.13)
×
Berita Terbaru Update