Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dubes Australia Tinjau Langsung Bantuan AusAID

27 September 2012 | Kamis, September 27, 2012 WIB Last Updated 2012-09-27T06:40:42Z
Bima, (SM).- Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty datang ke Nusa Tenggara Barat, selama 2 hari berada di Dompu, Bima dan Kota Bima.
Kedatangannya di Bima, Rabu (26/9) kemarin diterima Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima dan Kapolres Bima Kota serta Komandan KODIM 1608 Bima bertempat di ruang VIP Bandara Muhammad Salahudin Bima.
Selain diterima Muspida, kedatangan Greg M di Bima dikawal ketat satu peleton Brimob dan satu peleton Dalmas serta diback-up pasukan TNI dan Polisi Resor Bima.  Kedatangannya di wilayah Bima dan Dompu, Greg merasa senang dan berkunjung dalam rangka melihat secara langsung hasil kegiatan ataupun proyek yang didanai dari bantuan lembaga bantuan Pemerintah Australia (AusAID). “Saya senang sekali di sini,” ujar Greg sesaat sebelum masuk mobil menuju Kabupaten Dompu.
Katanya, Australia berkomitmen untuk bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia di Provinsi NTB, dimana provinsi NTB angka kemiskinanan di kawasan Timur Indonesia masih tinggi. Adapun lokasi yang akan dikunjungi yakni sekolah yang didanai AusAID, sejak 2005 hingga 2010. Ada sebanyak 2074 Sekolah Menengah Pertama yang dibangun di seluruh Indonesia sehingga tercipta 330.000 ruang belajar baru di Kabupaten - Kabupaten miskin. “Hasil kerja AusAID di kawasan ini telah mendorong masyarakat untuk memiliki suara terhadap kebutuhan layanan dasar yang diberikan oleh pemerintah daerah seperti layanan kesehatan, pendidikan dan pembangunan ekonomi,” terang Greg Moriarty.
Duta besar akan meninjau pusat layanan masyarakat, yang pembangunan sebagian didanai melalui Komitmen Australia melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Tempat ini akan melayani berbagai kegiatan masyarakat seperti pemberian makanan tambahan untuk bayi kurang gizi dan ibu hamil, memberikan program pinjaman untuk membantu perempuan memulai usaha kecil seperti taman bermain anak – anak.
Selain itu Duta Besar akan mengunjungi lahan pertanian untuk mengetahu lebih jauh tentang bantuan Australia untuk pembangunan di kawasan pedesaan. Sejak 2007, dukungan Australia bagi petani di NTB telah berhasil meningkatkan produktifitas.
Di Pulau Sumbawa, Dubes Australia, juga akan melihat proyek jalan umum sepanjang 80 Km yang dipulihkan melalui program infrastruktur AusAID dan ada 6 jembatan. “Jalan ini akan memperkuat perekonomian kota-kota di Sumbawa Besar dan Bima dan mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial di wilayah timur Indonesia. Sekitar 1.500 kendaraan akan melintasi di jalan ini perhari, mendukung berbagai kegiatan perekonomian seperti Pertanian, Perikanan dan Pariwisata,” ungkap Duta Besar Greg Moriarty.
Setelah dari kunjungan di Dompu, Duta Besar akan bersilaturahmi dengan Pemerintah Daerah. Itu dimaksudkan untuk mengetahui potensi yang ada di daerah, guna dikembangkan peningkatan perekonomian masyarakat. “Saya juga akan bertatap muka dengan para pejabat di daerah untuk membicarakan potensi yang ada guna untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandas Greg M. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update