Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dokumen Keuangan Setda Dompu di Tangan BPK?

27 September 2012 | Kamis, September 27, 2012 WIB Last Updated 2012-09-27T06:37:37Z
Dompu, (SM).- Badan Pemeriksa Keuangan  (BPK), dikabarkan telah mengambil alih sejumlah dokumen belanja APBD tahun 2011 Setda Dompu yang sebelumnya disimpan pada Polres Dompu. Upaya BKP, disinyalir sebagai upaya audit investigasi untuk menelusuri dugaan penyimpangan terhadap keuangan pada Setda tersebut seperti yang laporkan oleh salah satu LSM di daerah ini.
Kapolres Dompu AKBP Benny Basir Warmansyah yang dikonfirmasi Selasa (26/9) mengatakan, sejauh ini pihaknya masih menunggu hasil audit investigasi dari BPK terhadap kegiatan penggunaan  anggaran belanja daerah tahun 2011 pada Setda Dompu. Sebab, sesuai dengan   aturan perundang – undangan yang berlaku, penyidik kepolisian dapat meminta bantuan BPK untuk mengatahui mengenai ada atau tidaknya dugaan pelanggaran hukum terhadap penggunaan anggaran dimaksud. “Kita tunggu pemeriksaan BPK baru melanjutkan penanganan kasus dugaan korupsi ini sesuai tahapan mekanisme yag berlaku,” jelasnya.
Pemberitaan sebelumnya, kasus dugaan korupsi  terhadap penggunaan dana APBD tahun 2011  pada Setda Dompu terungkap setelah mencuat kasus utang dari sejumlah rentenir senilai Rp6 M lebih yang dilakukan oleh Muhamad alias Memet Bendahara Setda Dompu pada saat itu, serta diduga melibatkan sejumlah pejabat pada lingkungan setempat seperti Kabag Umum, Kasubag Rumah Tangga dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Asisten  III Drs.H.Saladin Hasan yang saat ini telah purna bhakti.
Kemudian salah satu LSM di Dompu melaporkan persoalan ini ke Polres setempat dengan tuduhan adanya dugaan tindak pidana korupsi. Sejumlah saksi dan pejabat terlapor  dimintai keterangan oleh pihak penyidik seputar aliran dana APBD dua pada Pos Setda tahun 2011 senilai  Rp9 M. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update