Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkab Dompu Sambut Baik STIKES Yapik

27 September 2012 | Kamis, September 27, 2012 WIB Last Updated 2012-09-27T06:39:39Z
Dompu, (SM).- Sekolah Tinggi Ilmu  Kesehatan (STIKES) dari Yayasan Pendidikan Islam Kesehatan (Yapik) yang diketua Ilham Yahyu S.Pd Selasa (26/9) melaksanakan kuliah perdana angkatan pertama tahun  ajaran 2012, di gedung  Darma Wanita Dompu. Kegiatan itu juga dihadiri unsur DPRD Dompu Komisi II dan Plt Sekda Dompu H.Agus Buhari SH, M.SI.
Ketua Yapik Ilham Yahyu mengatakan, Yapik telah merekrut mahasiswa baru angkatan  pada dua jurusan yang dibuka yakni D III Kebidanan dan SI keperawatan dan yang mendaftar sebanyak puluhan orang.
Kata dia, keberadaan STIKES itu merupakan yang pertama dan akan memberi warna tersendiri terhadap keberadaan dunia pendidikan di jenjang perguruan tinggi, guna mewujudkan misi  yakni melahirkan output yang akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Dompu khususnya. “Lembaga pendidikan STIKES  merupakan perguruan tinggi swasta yang pertama membuka  jurusan kesehatan di Kabupaten Dompu, dan ini akan menjadi pioneer  bagi perkembangan pendidikan   sesuai dengan jurusan yang kami buka untuk publik,’’katanya.
Pria yang masih menjabat anggota DPRD Dompu utusan PPD ini berharap, dukungan secara positif dari pemerintah dan segenap masyarakat Dompu terhadap keberadaan STIKES. “Tanpa dukungan dari pemerintah dan masyarakat, maka sangat mustahil sekolah yang kami bangun bisa maju seperti yang diharapkan,” ujarnya.
Sementara Plt Sekda Dompu, H.Agus Buhari SH, M.SI dalam sambutannya mengatakan, pemerintah  dapa prinisipnya  memberikan apreseasi terhadap berdirinya  STIKES Dompu. Karena disamping yang pertama membuka jurusan kesehatan, juga keberadaanya mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat yang akan mengenyam kuliah jurusan kesehatan.
Katanya, tak bisa dipungkiri bahwa paradigm ditengah – tengah masyarakat jika mengenyam  kuliah di luar derah akan jauh lebih maju dan outputnya juga akan berhasil, dibandingkan pendidikan local. Padahal tak selamanya anggapan itu benar dan justru tak sedikit pula alumni perguruan tinggi local yang berhasil mendapatkan posisi penting (pejabat) di lembaga pemerintah. “Buktinya banyak  usulan perguruan tinggi local yang jadi pejabat di Dompu ini. Hal itu menunjukan bahwa  persoalan kualitas dan kemampuan SDM sese orang bukan karena  jauh dan dekatnya kita mengenyam pendidikan, akan tetapi lebih ditentukan oleh keseriusan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perlkuliahan,” ujarnya.
Keberadaan STIKES Dompu tambahnya, sangat didukung oleh potensi tenaga pengajar yang cukup banyak di daerah ini baik yang lulusan S1 maupun S2 kesehatan. Disamping itu, pemerintan  pun akan  memberikan dukungan terhadap kegiatan operasional perguruan tinggi ini. Malah Plt Sekda menghimbau pada Dinas Kesehatan (Dikes) setempat agar membuka ruang praktek mahasiswa sekolah tinggi tersebut baik di rumah sakit maupun di Puskemas pada delapan kecamatan. ‘’Saya atas nama mewakili pemerintah Kabupaten Dompu memberikan dukungan atas berdirinya STIKES,’’pungkasnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update