Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

TAPD Klaim Sudah Siapkan Laporan Semester Sejak Dulu

27 Agustus 2012 | Senin, Agustus 27, 2012 WIB Last Updated 2012-08-27T05:12:26Z

Bima, (SM).- Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Bima mengklaim telah menyiapkan laporan semester I realisasi APBD 2012 dan prognosis enam bulan kedepan untuk dibahas KUA-PPAS perubahan dan RAPBD tahun 2013. Hal itu diakui Wakil Ketua TAPD Kabupaten Bima, Mujakir, Sabtu lalu.

Kata dia, molornya pembahasan KUA-PPAS Perubahan APBD tahun anggaran 2012 dan RAPBD 2013 pada Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bima lantaran TAPD belum siapkan laporan semester I dan prognosis 6 bulan kedepan APBD 2012.
Sebenarnya pembahasan KUA-PPAS Perubahan APBD 2012 pada Banggar DPRD Kabupaten Bima sudah berlangsung awal Agustus 2012. Namun Banggar DPRD ogah membahas karena TAPD belum siapkan laporan semester I dan prognosis.
Pembahasan KUA-PPAS perubahan APBD 2012 dan RAPBD tahun anggaran 2013 sudah sering kali diskor pimpinan rapat. Skor terakhir 15 Agustus 2012 dan dijadwalkan pembahasan dilanjut kembali 28 Agustus 2012.
“Kami sudah siapakan semua laporannya. Laporan semester pertama mulai Januari sampai Juni 2012 dan prognosis (realisasi) enam bulan kedepan. Laporannya sudah diserahkan pada Banggar DPRD,” jelasnya, sembari mengaku, kalaupun diantara laporan semester pertama realisasi APBD 2012 masing-masing SKPD itu masih ada kekurangan, “paling tidak hanya sedikit saja”, tandasnya.
Setiap SKPD jajaran Pemkab Bima, jelasnya, sudah menyerahkan semua laporan semester pertama realisasi APBD 2012 dan dirangkum oleh Bagian Keuangan Setda Bima yang lebih memahami secara tehnis.
Disinggung prosentase realisasi semester pertama APBD tahun anggaran 2012 per SKPD, Mujakir belum tahu secara persis. “Berapa-berapa porsen masing-masing Dinas, Bagian Keuangan yang tahu persis,” tukasnya.
Untuk SKPD Bappeda, lanjut Kepala Bappeda Kabupaten Bima itu, realisasi semester pertama APBD tahun 2012 sekitar 30 persen dari total alokasi anggaran sebesar Rp3 milyar.
Menurut dia, pembahasan KUA-PPAS tersebut tidak begitu penting untuk dipersoalkan karena KUA-PPAS hanya sebagai plafon anggaran. Namun pembahasan detailnya nanti pada RAPBD oleh Komisi-komisi dewan.
Kasubag Pembukuan dan Verifikasi Bagian Keuangan Setda Bima Iwan Kurniawan yang dikonfirmasi juga mengakui telah menyusun dan menyerahkan laporan semester pertama dan prognosis enam bulan APBD 2012. “Sudah kita serahkan sejak dulu,” akunya.
Kaitan prosentase realisasi APBD 2012 semester pertama, Iwan belum bisa memberikan detail pada wartawan. “Saya harus koordinasikan dengan staf”, ucapnya.
Saat didatangi wartawan, hampir semua staf pada Sub Bagian setempat sudah tidak lagi berada di ruangan setempat. “Intinya TAPD sudah siap untuk bahas KUA-PPAS perubahan dan RAPBD tahun 2013,” tandasnya. (SM.06)
×
Berita Terbaru Update