Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Mahasiswa Desa Sie Sambut Ramadhan dengan Pesantren Kilat

04 Agustus 2012 | Sabtu, Agustus 04, 2012 WIB Last Updated 2012-08-14T02:13:00Z
Bima, (SM).- Kegiatan Pesantren Kilat bukan hanya kegiatan milik sekolah, elemen lain seperti  Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Sie (HIMPAS) tidak mau ketinggalan melaksanakan pesantren kilat.
Ketua Umum Himpas, Wahyudin mengatakan, kegiatan pesantren kilat dilaksanakan dalam mengisi bulan Ramadhan yang dipusatkan di Masjid Baiturrahman Sie. Kegiatan yang sudah memasuki hari ketiga itu cukup mendapat apresiasi warga masyarakat, baik yang tua maupun muda.
“Kegiatan yang dilaksanakan malam hari usai sholat taraweh bertujuan membangun spiritual melalui lomba keagamaan”, ujar  Wahyudin, Jum’at (3/8) kemarin di Sie.
Adapun mata lomba yang digelar adalah lomba hafalan surat-surat pendek, bacaan sholat, da’i/da’iyah dan azan. Pesertanya dibagi dua kategori, yakni peserta dari TPQ yang ada di Sie dan dari umum. Peserta dari TPQ ada 7 seperti TPQ Dusun Diha, TPQ Al-Muslimun, TPQ Al-Hidayah, TPQ Nurul Iman, TPQ Baiturrahman dan TPQ Arrauf serta TPQ Al-Muhajirin.
“Bagi peserta utusan umum mengikuti lomba azan saja, sedangkan yang lain mata lombanya diikuti peserta utusan TPQ”, jelas Wahyudin yang diamini Salahudin selaku Ketua Panitia.
Kegiatan pesantren kilat diharapkan akan menjadi kelender tahunan bagi HIMPAS, serta guna mengukur kemampuan peserta dalam penguasaan materi keislaman. Dengan demikian, kata Mahasiswa Taman Siswa itu, karakter pelajar tidak hanya dibangun dari dalam sekolah saja. Akan tetapi juga harus dibangun dari lingkungan dimana seorang pelajar itu berdomisili, lingkungan dan keluarga merupakan salah satu pendukung utama dalam menciptakan pendidikan yang berkarakter. “Kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi memperkuat tali keislaman dalam mengimplementasikan isi kandungan al-Qur’an,” tandas Wahyudin. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update