Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

SMPN 1 Monta Gelar Sepekan Pesantren Kilat

04 Agustus 2012 | Sabtu, Agustus 04, 2012 WIB Last Updated 2012-08-14T02:13:33Z
Bima, (SM).- Mengisi bulan suci Ramadhan, selama sepekan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Monta menggelar Pesantren Kilat. Demikian keterangan Ketua Panitia, Drs Suhardin, Jum’at (3/8) kemarin di sekolah setempat.
Kata dia, pelaksanaaan Pesantren Kilat itu dikuatkan dengan terbentuknya penitia penyelenggara dalam Surat Keputusan (SK) Kepala SMPN 1 Monta bernomor 173/130.21.420/H-SMP 1 Mnt/KP/2012 tertanggal 16 Juli 2012. “Dengan dasar inilah kami laksanakan kegiatan Pesantren Kilat selama seminggu,” ujar Suhardin.
Kegiatan Pesantren kilat bagi pelajar sekolah itu dimulai sejak Senin (30/7) dan berakhir Sabtu (4/8) besok (hari ini, Red). Kegiatanya, diikuti seluruh siswa baik kelas 1 maupun kelas 3. Pembinanya, oleh para guru baik guru agama maupun guru bidang study yang memiliki kompetensi dengan kegiatan. Namun, sebelum digelarnya pesantren kilat, para pelajar diawali dengan kegiatan pembinaan Imtaq.
Sebagai sarana mengukur kemampuan siswa dalam menyerap proses pembelajaran agama yang diajarkan pada saat Bimbingan Imtaq, para siswa mengikuti berbagaimata lomba. Seperti, lomba Da’i/Da’iyah, lomba Sholat Berjama’ah, dan lomba cerdas cermat.
Selain lomba, pesantren kilat juga mengadakan kegiatan buka puasa bersama yang dirangkaikan dengan kegiatan uraian hikmah Nujulul Qur’an, pengumpulan zakat fitrah, pengumuman juara serta pembagian hadiah.   
Kepala SMPN 1 Monta, Dra Arfida Roswati, M.Pd memberikan apresiasi atas kinerja panitia. Sehingga diharapkan dari moment itu, akan bertambah nilai ibadah dan ketaqwaan para guru dan siswa. Dan yang lebih penting lagi, kata mantan Kepala SMPN 3 Monta itu, para guru dan siswa terpupuk dengan rasa disiplin yang tinggi. “Jadi biasakan diri dengan hidup yang berdisiplin sehingga bisa tercapai setiap keinginan kita untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini”, papar Ibu Camat Monta itu.
Kata dia,   disiplin diri para guru dan siswa harus dibangun di sekolah ini. Disiplin masuk mengajar, disiplin belajar. Disamping itu, para guru juga harus memiliki kemampuan penguasaan materi bahan ajar serta menyiapkan administrasi pembelajaran yang baik. “Kalau itu semua kita lakukan, dunia pendidikan akan maju terutama kualitas para lulusan di sekolah ini”, tandas Arfida. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update