Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Aneh, Dibahas 1 Jam Langsung Disetujui

30 Agustus 2012 | Kamis, Agustus 30, 2012 WIB Last Updated 2012-08-29T23:00:06Z


Bima, (SM).- Drama pembahasan KUA-PPAS Perubahan APBD 2012 dan RAPBD 2013 Kabupaten Bima berakhir mulus, baru saja dibahas pada hari pertama dalam tenggang waktu 1 jam lamanya langsung disepakati.

Padahal, semula pembahasan beberapa kali diskor pimpinan rapat Banggar DPRD Kabupaten Bima lantaran TAPD Kabupaten Bima belum siap dengan laporan semester pertama APBD 2012 dan prognosis 6 bulan kedepan.
Banggar pembahasan KUA-PPAS perubahan APBD 2012 dan RAPBD 2013 tersebut pertama kali dibahas pada 6 Agustus 2012 lalu. Pembahasan pada hari pertama saat itu, langsung diskor pimpinan rapat H Muchdar Arsyad.
Rapat kemudian dibuka kembali keesokan harinya. Namun pada akhirnya kembali diskor, masih karena TAPD belum siapkan laporan semester pertama APBD 2012 dan prognosis 6 bulan kedepan terhadap APBD 2012.
Rapat kembali dibuka pada hari berikutnya, lagi-lagi harus diskor dengan alasan yang sama, yakni TAPD belum siap dengan laporan semester pertama. “Apa yang mau dibahas, realisasi semester pertama saja belum ada,” komentar M Aminurllah, saat itu.
Rapat terakhir kalinya berlangsung tanggal 16 Agustus 2012, 4 hari sebelum hari raya Idul Fitri 1433 H. Saat itu TAPD Kabupaten Bima telah menyerahkan laporan semester pertama dan prognosis 6 bulan kedepan. Tetapi pembahasan hari Rabu 16 Agustus 2012 saat itu kembali diskor pimpinan rapat. Karena laporan semester pertama yang diserahkan TAPD Kabupaten Bima masih berupa angka global, itupun masih banyak yang salah.
Kesimpulan akhir saat itu hingga rapat diskor, TAPD Kabupaten Bima diberi waktu untuk memperbaiki kembali angka-angka yang dinilai ‘janggal’ oleh anggota Banggar DPRD Kabupaten Bima. Rapat kembali dilanjutkan Senin 27 Agustus 2012.
Tetapi pimpinan TAPD Kabupaten Bima Asisten II Setda Bima, H.Taufik HAK dan Kepala Bappeda Kabupaten Bima Mujakir tidak hadir, meski ditunggu Banggar DPRD Kabupaten Bima hingga pukul 12.30 wita. Rapat dibuka lagi hari Selasa, esok harinya.
Hingga pukul 10.30 wita, Asisten II dan Kepala Bappeda Kabupaten Bima tidak kunjung hadir di ruang rapat DPRD Kabupaten Bima. Diantara anggota Banggar yang hadir saja ambil kesimpulan untuk pulang ke rumah masing-masing.
Sekitar 10 menit kemudian, Asisten II dan Kepala Bappeda Kabupaten Bima memasuki ruang rapat DPRD setempat. Rupanya, rapat dilanjutkan meski sebagian anggota Banggar DPRD Kabupaten Bima tidak hadir.
Aji mumpung sebagian anggota Banggar DPRD Kabupaten Bima yang sering kali kritisi tidak ada, misal M.Aminurllah dan Fahrirrahman tidak ada dalam ruangan, pimpinan rapat tetap melanjutkan rapat itu hingga ada keputusan.
Informasi yang diperoleh wartawan, rapat yang berakhir kurang dari pukul 12.00 wita tersebut tidak banyak yang dibahas. TAPD Kabupaten Bima menyerahkan laporan semester yang diperbaiki, Banggar DPRD langsung setuju.
Anggota Banggar DPRD Kabupaten Bima Zulkarnaen yang ikut rapat Banggar saat itu membenarkan, pembahasan KUA-PPAS perubahan APBD 2012 dan RAPBD 2013 telah disepakati bersama dan akan dibacakan dalam paripurna.
Duta Partai Demokrat itu mengakui, pembahasan berlangsung singkat. “Kita hanya lihat-lihat angka hasil perbaikan, langsung nyatakan setuju,” akunya sembari menepis anggapan ada konspirasi dibalik persetujuan pembahasan.
Sekata dengan pernyataan H Mustahiq H Kako. Duta PKB itu mengakui kalau pembahasan KUA-PPAS perubahan APBD 2012 dan RAPBD 2013 telah tuntas dibahas. “Memang sudah tuntas dibahas,” akuinya membenarkan.
M Aminurllah yang ditemui, tidak berkomentar banyak, meski utusan PAN itu terheran-heran atas telah disetujuinya pembahasan KUA-PPAS dimaksud. “Saya tidak tahu apa-apa. Karena kemarin (Selasa) saya tidak hadir,” ucapnya.
Fahrirrahman pun demikian. Utusan PAN itu juga banyak mengomentari keanehan persetujuan pembahasan KUA-PPAS tersebut. “Kemarin saya langsung pulang, karena melihat tidak ada pimpinan TAPD yang hadir,” ujarnya. (SM.06)
×
Berita Terbaru Update