Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wabup Telat, Musrenbang Molor

07 Maret 2013 | Kamis, Maret 07, 2013 WIB Last Updated 2013-03-07T01:50:04Z

Bima,(SM).- Nampaknya, budaya molor dan tidak tepat waktu dalam setiap pelaksanaan kegiatan dan acara apapun, sudah mengakar di pemerintahan Kabupaten Bima. Tidak saja acara non formal, acara resmi setingkat Paripurna DPRD pun tidak luput dari budaya malas menepati waktu undangan.

Fakta terbaru terkuak, acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Bima yang sedianya berlangsung sejak pukul 8.30 wita, molor hingga pukul 10.15 wita. Hanya karena alasan menunggu Wakil Bupati (Wabub) yang masih mengikuti acara lain. Musrenbang yang dihelat di Gedung Serba Guna (GSG) Muhammadiyah Kota Bima itu, urung terlaksana sebagaimana jadwal yang telah ditentukan.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Bima, Muzakir yang dimintai komentar atas molornya acara yang membahas kelangsungan perencanaan pembangunan Kabupaten Bima tahun 2014 itu, mengaku tidak ada masalah teknis yang berarti atas keterlambatan dimulainya acara. Murni menunggu Wakil Bupati yang masih melepas mahasiswa KKN. “Bukan Problem ketelambatan ini, “entengnya.
Padahal terpantau sejumlah  wartawan, Musrenbang tingkat Kabupaten Bima yang diprakarsai Bappeda pada Rabu kemarin, bukan saja molor karena menunggu Wabub yang masih membuka acara sebagaimana dimaksud, tetapi lebih dari itu, nampak sekali tingkat kehadiran pemangku kepentingan dalam Musrenbang, mulai dari kepala SKPD hingga Camat bahkan tokoh masyarakat tingkat kecamatan yang tidak menampakan batang hidungnya memenuhi undangan acara Musrenbang yang terlihat memenuhi kewajiban program saja.
Tidak itu saja, beberapa pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) utama sekali pihak Kepolisian dan Ketua Pengadilan, termasuk wakil dari DPRD Kabupaten Bima, harus menunggu beberapa saat. Ketidaksiapan menggelar acara setingkat Musrenbang, nampak sekali terlihat. Semakin parah ketika kursi yang disediakan untuk undangan, lebih banyak diisi pegawai Bappeda.
Meski kegiatan tersebut molor, Wakil Bupati tetap menyentil banyaknya pejabat setingkat Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak menghadiri gelaran Musrenbang tingkat Kabupaten Bima.
Sebut saja saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Musrenbang yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Muhammadiyah Bima, Wabub sempat menyentil alpanya sejumlah Kadis dalam memenuhi acara yang cukup penting dalam rangka membahas perencanaan pembangunan Kabupaten Bima selama satu tahun pada 2014 mendatang. Sembari berseloroh, Wabub sangat kenal satu persatu wajah Kadis, Kabag dan Kabad serta Camat, jadi kalau tidak kelihatan pasti, katanya, pasti diketahuinya.
Meski diakuinya, tanpa kehadiran kadis acara Musrenbang tetapberjalan dan tidak mengurangi makna dan tujuan, yang penting ada wakil dari Kadis dan pejabat eselon II yang mewakili dinas dan instansi masing-masing saat pembahsan dan klinis perencanaan pembangunan. (ris)
×
Berita Terbaru Update