Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dana Festival Minim, Peserta Asing tak Dilibatkan?

28 Juli 2012 | Sabtu, Juli 28, 2012 WIB Last Updated 2012-07-31T03:45:02Z

Dompu, (SM).- Dana penyelenggaraan festifal Lakey Kecamatan Hu’u yang bersumber dari APBD dua tahun 2012 hanya sebesar Rp50 juta. Jumlah anggaran tersebut sangat minim jika ditinjau dari jenis kegiatan dan  beragam lomba yang ditampilkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu, melalui Sekretarisnya, Drs.Imran Jum’at (27/7), membenarkan anggaran  festifal dari APBD dua sebesar Rp50 juta. Lagipula tahun ini, Pemda Dompu merupakan penyelenggara kegiatan festifal  Lakey, dibandingkan sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan Provinsi NTB. “Kita akan melaksanakan kegiatan festifal lakey dengan dana yang tersedia sebesar Rp50 juta,” katanya.
Sejauh ini, tambah Imran, belum ada gambaran dari Provinsi NTB terkait dana penyangga untuk pembiayaan kegiatan festifal dimaksud. “Belum ada konfirmasi dari Provinsi mengenai gambaran dana dari APBD I untuk membantu kegiatan tersebut. “Kalaupun ada paling sekitar Rp20 juta lebih. Itupun anggaran bagi biaya lomba duta wisata,” terangnya.
Ada empat jenis mata lomba yang akan diperlombakan dalam festifal Lakey, diantaranya lomba surfing, voli pantai, dan duta wisata. Karena anggaran sangat minim, maka pihaknya tak berani mendatangan pesurfer kelas dua dalam kegiatan vestifal ini. ‘’Kita akan membuka pendaftaran bagi pesurfer lokal saja. Kalau pake pemain dunia, berapa biaya yang akan kita keluarkan. Belum biaya hotel dan hadiahnya,’’jelasnya.
Jadwa festifal, lanjutnya, terpaksa dimundurkan jadwalnya  yakni setelah  lebaran idul fitri pada Agustus mendatang. Ini berbeda dari biasanya. Alasannya, karena Pemda Dompu disibukan dengan banyaknya agenda kegiatan pada Bulan Juni dan Juli seperti pekan raya dan STQ Tingkat Kabupaten. “Kita mengundur setelah lebaran idul fitri supaya tidak berbenturan dengan kegiatan lain,” katanya.
Kendati diundur, ia tetap memastikan bahwa kondisi gelombang untuk pemain surfing tetap bagus. Sebab puncak gelombang sebagai standar olahraga surfing biasanya pada Bulan Agustus sampai  November. ‘’Kalau gelombang si tidak ada masalah. Pesurfer tetap bermain dengan gelombang bagus,’’kata mantan camat Hu’u ini. (SM.15)  
×
Berita Terbaru Update