Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hari ini, SMU Gelar UN

16 April 2012 | Senin, April 16, 2012 WIB Last Updated 2012-04-15T17:17:15Z

Dompu, (SM).- Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMU/SMK dan MAN  berlangsung secara serentak mulai hari Senin (16/4) sampai Kamis (19/4).
Kabid Dikmen Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Dra.Hj.St Nafisa, M.SI yang dikonfirmasi Sabtu kemarin mengatakan, berbagai persiapan pelaksanaan UN dimasing – masing subrayon maupun sekolah pelaksana telah  dilakukan.

Seperti soal UN, katanya, sudah mereka terima langsung dari Kantor Pos Dompu pada hari Sabtu kemarin. Soal UN tersebut sempat dibawa ke Mapolres Dompu untuk diperiksa jumlah amplop maupun kondisi segelnya, setelah itu pihaknya membuat berita acara penerimaan yang akan disampaikan ke Provinsi. Dan dari hasil pemeriksaan itu diketahui jika kondisi soal masih steril.
 “Soal UN dikirim  menggunakan dus dan di dalam dus itu terdapat soal yang diamplop bersegel. Jadi untuk SMA/MA sebanyak 54 dus soal. Sedangkan SMK hanya 13 dus saja”, katanya seraya menambahkan bahwa desiminasi dari Provinsi ada dua jenis amplop soal yakni amplop berukuran besar berisi 20 soal dan berukuran kecil hanya berisi 10”, tandasnya.   
Lanjutnya, langsung mendistribusikan soal ke masing – masing kecamatan dengan menitip pada tiap kantor Polsek, terkecuali di wilayah kecamatan Dompu soalnya di titip diamankan pada Kantor Polres. ‘’Tiap mau ujian, soalnya diambil ke Polsek terdekat,’’tuturnya.
Upaya pengamanan terhadap kerahasiaan dokumen nengara itu dilakukan guna mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan diantaranya menjaga kebocoran soal.
Apakah tidak ada kekurangan soal distribusi Provinsi? Nafisa menjawab, dirinya  belum tahu persis mengenai hal itu. Karena pada saat soal UN diterima, pihaknya hanya memeriksa bagian luar amplopnya saja. Sebab kondisi amplop sudah disegel.
Namun berdasarkan juknis tentang metode penyelesaian masalah seperti kekurangan lembaran soal pada saat ujian, maka pelaksana UN mencari kelebihan soal pada sekolah  terdekat dalam satu wilayah subrayon. “Tapi apabila tetap tidak dijumpai. Maka terpaksa soal digandakan dengan foto kopy sambil mengundur pelaksanaan UN selama beberapa menit”, tandasnya.
Akan tetapi Nafisa memperkirakan, soal UN tidak mengalami kekurangan. Sebab  tiap – tiap sekolah akan dilebihkan jumlah soal UN. Itu seperti pengalaman yang terjadi selama ini.
Nafisa kembali menjelaskan, dalam UN tidak mengenal ujian ulang. Yang ada hanya ujian susulan bagi siswa peserta UN yang tidak sempat mengikuti ujian karena alasan tertentu seperti sakit. Ujian susulan telah dijadwalkan akan berlangsung pada 23 – 26 April 2012.  “Bagi  peserta yang sengaja tidak hadir, tidak diperkenangkan mengikuti ujian susulan. Artinya mereka boleh ikut kembali pada tahun berikutnya”, tegasnya.
Menyinggung tentang target kelulusan tahun ini diharapkan   lebih meningkat yakni 98,28 persen dibandingkan tahun 2011 lalu yang hanya  97,19 persen.  
Untuk itu dia menghimbau kepada para peserta UN agar mempersiapkan diri secara matang dalam menghadapi ujian tersebut. Sebab  UN merupakan penentu  keberhasilan  siswa  dalam mengenyam pendidikan selama 3 tahun dibangku SMU/MAN dan SMK. Pasalnya standar kelulusan tahun ini, rata – rata memperoleh  nilai 5.
Tak hanya itu, dia juga berharap kepada para orangtua agar mengawasi serta mengarahkan anaknya agar tekun belajar terutama pada momen UN. ‘’Peran orangtua juga sangat penting. Karena dia lebih tahu keadaan anaknya di luar jam sekolah,’’pungkas Nafisah. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update